Cadangan Energi RI Menipis

Pakar LNG Yoga Soeprapto mengatakan bahwa cadangan sumber energi Indonesia tidak sebanding dengan jumlah penduduknya. "Indonesia bukan negara yang kaya sumber daya energi," kata Yoga saat memberi keterangan pers di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman di Jakarta, Selasa 22 Desember 2015.

Berdasarkan asumsi datanya, ia mengatakan bahwa cadangan minyak Indonesia hanya 0,36 persen dari 99,64 persen cadangan dunia. Batubara 0,55 persen dari 99,45 persen cadangan dunia. Sedangkan gas alam hanya 1,53 dari 98,47 persen cadangan dunia. "Cadangan tersebut kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk, we are nothing," katanya.

Saleh Husin dalam Seminar Indonesia & Diversifikasi Energi di Jakarta. Thorium Bisa Jadi Sumber Energi di Masa Depan. (Foto : Dok Kemenperin). Menteri Perindustrian, Saleh Husin (dua kanan) dalam Seminar Indonesia & Diversifikasi Energi di Jakarta. Thorium Bisa Jadi Sumber Energi di Masa Depan. (Foto : Dok Kemenperin).

Ia mengatakan bahwa kebijakan energi di Cina dan Indonesia berbeda 180 derajat. "Di sana, mereka tidak pernah mengajari anak-anaknya bahwa Cina kaya sumber energi. Makanya mereka mau membayar energi dengan sistem mereka, tetapi mereka lebih maju," kata Yoga.

Ia menganggap dengan cadangan gas alam yang makin sedikit, Indonesia malah merencanakan ekspor. "Kita ini agak lucu: ada bahan baku dan energi dalam negeri tetapi diekspor, lalu impor lagi. Makanya PDB kita rendah. Ekspor gas alam, tetapi lalu impor amonia, etanol, petrokimia," kata Yoga.

Terkait pengelolaan Lapangan Gas Masela - Abadi, Yoga menyarankan strategi di sana harus ditempatkan dalam konteks yang komprehensif dan terintegrasi. "Harus dilihat lebih luas, tidak hanya persoalan di laut atau di darat, apalagi diambil oleh kebijakannya oleh negara," kata dia.

"Ini kesempatan emas untuk mempertahankan energi nasional dan mengembangkannya. Ini harus diletakkan dalam bingkai SDA sebagai pendorong perekonomian nasional dan wilayah," katanya.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)