Cara Astra Honda Motor Puaskan Pelanggan di Era Digital

PT Astra Honda Motor (AHM) menyadari bahwa era digital telah mengubah sebagian besar perilaku konsumen di Tanah Air. Sebagai perusahaan yang menomorsatukan kepuasan pelanggan (customer satisfaction), AHM pun berusaha melakukan antisipasi agar ekspektasi konsumen dapat selalu dijaga dan dipenuhi, salah satunya dengan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung berupa sarana informasi di media digital yang mampu memberikan respons dengan cepat.

General Manager Honda Customer Care Center Division Istiyani Susriyati menuturkan, di tengah era digital seperti saat ini, hanya pelaku usaha yang mampu melihat perkembangan perilaku konsumen dan segera melakukan tidakan antisipasi atas perilaku itulah yang akan terus berkembang. Di era digital, konsumen sangat mudah mecari informasi dan dengan sangat cepat dan melakukan komparasi, bukan hanya di skala nasional tetapi juga skala global.

istiyani-susriyati-general-manager-honda-customer-care-center-ahm General Manager Honda Customer Care Center Division, Istiyani Susriyati

“Karena itu, kami menyiapkan infrastruktur yang mendukung kesiapan kami untuk memberikan layanan yang terbaik untuk konsumen, kami menyediakan sarana informasi di media digital dengan desain yang menarik dan memiliki respons sangat cepat sehingga membuat nyaman konsumen dalam mengaksesnya,” ungkap Istiyani Susriyati.

Infrastruktur tersebut adalah sarana informasi di media digital, seperti website astra-honda.com, facebook Astra Honda Care dan welovehonda Indonesia, twitter @welovehonda, youtube welovehondaID, instagram welovehonda_id. Selain itu, AHM juga membuka layanan contact center yang dapat diakses melalui email ke customercare@astra-honda.com, SMS 0811-9-500-989, dan layanan telp 1-500-989.

“Kami jamin sarana ini mampu memberikan informasi lengkap dan akurat mengenai produk dan layanan Honda, media tersebut juga dibuat dengan desain yang. Cara ini diharapkan mampu menjembatani perusahaan sehingga dapat lebih dekat dengan konsumen dalam mengakomodasi informasi yang dibutuhkan konsumen,” jelas dia.

Selain menyiapkan infrastruktur, kata dia, AHM juga memperkuat front line people jaringan AHM yang tersebar di seluruh Indonesia agar mendapatkan informasi yang lebih update dan menyediakan akses yang lebih luas untuk konsumen. “Beragam pelatihan, uji kompetensi, dan program rewarding juga selalu kami berikan untuk karyawan termasuk level pimpinan untuk memacu semangat kami dalam melayani konsumen Honda sebaik-baiknya,” jelas dia.

Melalui strategi tersebut, jelas Istiyani Susriyati, value perusahaan, One Heart atau Satu Hati, bisa tercapai. AHM tidak lagi mempersepsikan konsumen sebagai raja, namun mulai bergeser bahwa konsumen adalah teman atau bahkan sahabat.

“Kami selalu berusaha menemani konsumen dalam beraktivitas mencapai mimpi-mimpinya melalui produk dan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut. Customer satisfaction bukan hanya sekadar memberikan kepuasan pelanggan dengan memenuhi kebutuhannya, namun juga outcome apa yang didapatkan pelanggan saat berhubungan dengan kita sehingga tercipta value lebih yang melampaui ekspektasi konsumen sehingga pada akhirnya tercipta loyalitas,” kata dia. (Reportase: Maria Hudaibyah Azzahra)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)