Cara Bert Peterson Dongkrak Penetrasi Asuransi Jiwa Syariah

Pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia, Bert Paterson, menyebut bahwa negeri ini punya potensi membeli produk syariah hingga 80 juta.

Sayangnya pertumbuhan yang sangat pesat itu belum dibarengi dengan tingkat penetrasinya. “Industri asuransi jiwa syariah masih berada dalam tahap awal untuk dapat ambil bagian di pasar asuransi negara,” kata Bert di Jakarta, Selasa (16/4).

Tantangan yang dihadapi bisnis ini yakni terkait produk dan distribusinya. Untuk itu dibutuhkan pendekatan yang berbeda dari produk dan distribusi asuransi jiwa tradisional. Asuransi jiwa syariah sebaiknya membidik nasabah di kota-kota kecil dan di wilayah pelosok.

Saat ini Sun Life Financial membuka partnership dengan CIMB Syariah dalam jalur pendistribusian produk asuransi jiwa syariah. Namun jika ingin menyasar nasabah di kota-kota kecil dan wilayah pelosok, maka distribusi melalui bancassurance dan affinty tersebut biayanya cukup mahal.

Untuk itu Bert memiliki strategi yang menurutnya lebih efektif. Salah satu yang dilakukannya adalah membuat distribusi khusus. “Untuk pendistribusian produk asuransi jiwa syariah, Sun Life Financial Indonesia akan fokus pada agen syariah. Kami akan buat distribusi khusus. Kami harapkan nanti mampu membuka market di mana bisnis syariah itu nantinya tidak hanya untuk kalangan menengah ke atas saja, tapi juga menengah ke bawah.”

Sedangkan dari sisi produk, Bert mengatakan, produk syariah memerlukan banyak inovasi untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan akan pasar alamiah syariah. Selama ini perusahaan asuransi hanya meniru dari produk syariah yang sudah ada sebelumnya.

“Karena itu Sun Life Financial Indonesia tidak mau hanya sekedar meniru, namun kami berusaha memberikan hal yang berbeda melalui kerjasama dengan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI),” jelasnya.

Tujuan kerja sama tersebut yakni agar masyarakat lebih mengerti dengan produk syariah yang ditawarkan oleh Sun Life Financial Indonesia. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)