Cara Citibank Mencetak Leader

Sejak 46 tahun berdiri, Citibank terus berupaya menanamkan mindset pada setiap orang agar mengingatnya bukan sekadar bisnis semata, melainkan konsen dalam pengembangan para pemimpin baru. Leadership memang menjadi salah satu kunci dasar dari nilai-nilai budaya Citi. Dengan kehadirannya di 1.000 kota di 162 negara, Citibank berupaya mencapai visi tersebut dengan memanfaatkan global network yang dipunyai. “Kami adalah pionir bank asing pertama yang menominasikan seorang lokal sebagai country director,” tegas Pambudi Haju, HR Director Citibank Indonesia, kepada Gustyanita Pratiwi dari SWA Online.

CitiPambudi Pambudi Haju, HR Director Citibank Indonesia

Lantas, apa yang diperbuat Citi untuk mencetak para pemimpin masa depan. Adalah tagline : “We develope a great leader for the company, for the industry, and for the country”. Dari sana, Pambudi menambahkan bahwa semua harus menjadi satu kesatuan yang utuh. Tidak cukup hanya dengan melaksanakan attract, develope, motivate, dan retain SDM.

“Di kami ada yang namanya “harus memenangkan peperangan”. Pada saat saya bergabung dengan Citibank, yang pertama saya tanyakan pada CEO kami adalah what is you challenge? Dan saya ingin tahu top 3 challenge-nya. Seandainya dia menyebutkan SDM sebagai challenge, maka saya berada di perusahaan yang tepat. Kalau tidak, sama saja bohong. Maka dari itu kami attract orang-orang terbaik. Karena good people don't need the job, but we are the one who need them. Jangan sampai seperti kisah di film-film tahun1970-an. Mohon maaf, ada yang naik turun kendaraan umum bawa-bawa map lusuh, pergi dari satu kantor ke kantor lain. Company need great people, dan great people itu tidak banyak. You have to find for them you have to attract them. Harus dibujuk dan dirayu, so that they can come to your place,” ujarnya panjang lebar.

Sementara jumlah bank yang ada di Indonesia saat ini mencapai 120. Dibandingkan dengan Singapura yang asetnya jauh lebih banyak, banknya tidak ada 10. “Artinya ada kebutuhan 120 HR Director, 120 Risk Director, dll, padahal talent-nya segitu-segitu saja. Jadi, mempertahankan menjadi kunci sukses. Dan kami tidak bisa melihat itu sebagai one piece of puzzle. Semuanya harus nyambung. bahwa experience harus di-back up dengan sistem yang canggih sejak mereka bergabung sampai dipromosikan, dikembangkan dan sebagainya. You need a good system to support that,” Pambudi menambahkan.

Apa komentar Anda dengan kemenangan "Creating Leaders from Within 201" yang digelar Majalah SWA dan NBO ini?

Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Hal ini mencerminkan komitmen Citi Indonesia yang berkelanjutan untuk menjadi employer of choice melalui program learning and development yang kuat. Citi Indonesia sangat berkomitmen untuk mendidik dan mengembangkan pemimpin masa depan yang andal bagi perusahaan, industri dan bangsa.

Apa filosofi yang mendasari pengembangan SDM dan juga leader di Citi?

Selama 46 tahun kami berada di Indonesia, salah satu visi kami adalah developing great leader for the company, for the industry, and for the country. So, we are okay bahwa beberapa talent yang kami kembangkan , sebagian mungkin akan tetap tinggal dan sebagian mungkin akan pergi.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)