Cara Delta Djakarta Atasi Hambatan Industri Bir

PT Delta Djakarta Tbk. selaku produsen brand Anker Bir, Anker Stout, Kuda Putih, San Miguel dan Carlsberg, melihat di 2013 ini industri bir akan tetap optimis. Prediksi pertumbuhan satu digit dibanding pertumbuhan tahun lalu yang mencapai 16%, alias pertumbuhannya di tahun ini mencapai 17%.

Hal tersebut seperti dikatakan Allan Fernandez, Direktur Keuangan PT Delta Djakarta. Menurutnya, gairah di industri bir ini didorong oleh peningkatan pertumbuhan segmen pasar retail moderm dan juga pengaruh meningkatnya kelas menengah. Delta Djakarta sendiri sepanjang tahun 2012 mengalami pertumbuhan di atas industri, yakni 18%.

“Didukung oleh kondisi ekonomi yang kuat dan dibantu oleh konsumsi dalam negeri yang tinggi serta kenaikan jumlah konsumen kelas menengah, hal ini menyebabkan pasar bir domestik mencatat pertumbuhan dua digit di 2012 (16%). Kondisi ini masih akan terus berlangsung di 2013 dengan perkiraan pertumbuhan satu digit di atas 2012,” kata Allan Fernandez.

Meski pertumbuhan industri bir diperkirakan masih tetap optimis, namun pemberlakuan peraturan pemerintah dalam distribusi minuman beralkohol dan pembatasan perluasan kapasitas produksi masih akan jadi penghambat prospek industri ini.

Untuk mengatasi hambatan tersebut, Allan mengatakan, Delta Djakarta terus memperbarui portofolio produk dengan meluncurkan San Miguel dan Carlsberg dalam kemasan kaleng king 500 ml.

“Selain itu kami juga memperkenalkan desain label baru merek San Mig Light serta desain botol baru yang lebih menarik untuk Carlsberg, sesuai dengan kemasan internasional,” jelasnya.

Perseroan juga melakukan optimalisasi produksi, peningkatan rantai pasokan dan penyesuaian harga yakni menaikkan harga sebesar 5% guna mengurangi kenaikan beban produksi.

“Hasil dari semua inisiatif tersebut adalah peningkatan pendapatan kami sebesar 23% di 2012 menjadi Rp 1,7 triliun. Laba bersih juga meningkat 43% menjadi Rp 208 miliar,” terang Allan.

Dari sisi pemasaran, Delta Djakarta melakukan berbagai kegiatan periklanan yang bersifat massal seperti memasang Billboard di tempat-tempat strategis dan melakukan kampanye di Facebook Anker Fanpage dan Carlsberg Fanpage.

“Kami juga terus melakukan acara-acara di outlet dan memberikan sponsor dengan menyediakan tempat berkumpul dan mengonsumsi bir serta membangun brand awareness seperti acara San Miguel Rockcoustic Tour dan San Mig Light Accoustic Tour,” tutup Allan.(EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)