Cara Kaskus Padukan Social dan Commerce

Pasar e-commerce semakin menggeliat. Lihat saja bagaimana bisnis dotcom tersebut menjadi makanan sehari-hari netizen. Mulai dari produk fashion hingga F&B menjadi bisnis online yang menjamur.

Bisnis ini juga didukung dengan perkembangan teknologi dan jumlah pemakai internet di Indonesia. Berbagai faktor lainnya didukung seperti jumlah pemakai internet di Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan mencapai 160 juta jiwa dan jumlah middle class di Indonesia sebesar 150 juta jiwa.

Sudah lama memprediksi fenomena e-commerce tersebut, Kaskus sejak 1999 fokus mewadahi forum online untuk berdiskusi di mana semakin berkembang menjadi website untuk forum jual beli atau dikenal dengan JFB.

“Awalnya Kaskus hanya wadah bagi komunitas untuk berdiskusi. Dari diskusi berkembang dengan adanya aktivitas jual beli," ujar Ronny W. Sugiadha, Chief Marketing Officer Kaskus.

Ronny W. Sugiadha, CMO KASKUS Ronny W. Sugiadha, CMO KASKUS

Melihat perkembangan itu ditambah dengan permintaan dari Kaskuser, perusahaan yang memiliki 1 juta seller aktif ini, kemudian menghadirkan forum dan FJB sebagai platform diskusi dan jual beli bagi Kaskusers.

"Perpaduan aktivitas sosial dan commerce di antara Kaskuser itulah yang kemudian membuat kami berkembang menjadi social commerce platform dan menjadikan kami beda dengan commerce lainnya," tambahnya.

Tidak hanya itu, untuk memperkuat identitas sebagai social media platform, Kaskus melakukan inovasi melalui fitur KasAds dan KasPay yang dapat digunakan oleh seluruh Kaskuser. Fitur tersebut didukung oleh fitur jual beli lainnya dan juga premium membership Kaskus Plus. KasAds menawarkan pemasangan iklan berupa teks atau gambar khusus untuk Kaskuser di forum atau FJB yang akan ditampilkan setelah thread pertama.

Kaskuser dapat menggunakan KasAds dengan mudah mengatur sendiri gambar dan teks serta fleksibel untuk menentukan budget dengan terlebih dahulu menaruh sejumlah nominal di BranKas maupun penempatan iklan di halaman forum yang diinginkan. Budget pemasangan KasAds akan dihitung sesuai dengan impression atau klik yang dilakukan terhadap iklan tersebut oleh Kaskuser lain.

Sedangkan KasPay merupakan sistem pembayaran online secara resmi yang dikelola PT Darta Media Indonesia di mana proses transaksi KasPay seperti e-wallet. Pengguna diminta untuk melakukan transfer ke virtual account (Top Up Realtime) dan dana dapat digunakan untuk bertransaksi di situs Kaskus dan situs-situs merchant yang telah berkerjasama dengan KasPay antara lain adalah KasAds, ESET Indonesia, e-pulsa, HargaHot, Tempo digital, serta Travelicious.co.id.

“Untuk mendukung aktivitas jual beli, kami juga mengeluarkan fitur baru seperti BranKas divmana menjembatani proses pembayaran antara seller dan buyer, verified seller, merchant dashboard, dan feedback system,"jelasnya.

Ke depannya, perusahaan yang didirikan oleh Andrew Darwis ini ingin selalu membuat Kaskuser merasa nyaman bersosialisasi juga membuat seller dan buyer lebih merasa aman serta nyaman bertransaksi. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)