Management Strategy

Cara MTF Capai Target Pembiyaan Rp1,5 Triliun/Bulan

Cara MTF Capai Target Pembiyaan Rp1,5 Triliun/Bulan

PT Mandiri Tunas Finance (MTF) menargetkan pembiayaan baru sepanjang tahun 2015 sebesar Rp 20 triliun. Untuk mencapai target tersebut, MTF berharap pembiayaan dalam 6 bulan ke depan stabil di kisaran Rp1,4 triliun – 1,6 triliun setiap bulannya. Target tersebut optimis tercapai seiring dengan program baru yang dirilis MTF bagi nasabah dan dealer yakni ‘1 to 7 Wonders’.

“Setiap bulan pembiayaan kami mencapai Rp 1,3 triliun. Puncak rekor pembiayaan di Juni 2015 sebesar Rp 1,527 triliun dan akan dijaga hingga Desember 2015,” ungkap Direktur MTF, Harjanto Tjitohardjojo di Jakarta.

Dia menambahkan, target tersebut bisa terpenuhi dengan adanya partisipasi MTF dalam dua pameran besar di semester kedua tahun ini, yakni Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS), serta program unggulan MTF yakni ‘1 to 7 Wonders plus tambahan hadiah langsung On Board Unit (OBU) E-toll dan 1.000 Fiesta Point Mandiri untuk visitor di kedua event motor show tersebut.

IMG_20150812_145208

“Untuk GIIAS, kami alokasikan 600 unit dan IIMS 300 unit. Jadi total 900 unit dengan nominal pembiayaan sekitar Rp200 miliar,” ujar Harjanto. Sementara itu, untuk program 1 to 7 Wonders, Harjanto mengatakan, hingga akhir periode program di Desember 2015 nanti, sumbangannya juga ditargetkan pada kisaran Rp200 miliar per bulan.

Untuk pencapaian tersebut, MTF telah menerapkan strategi kombinasi pemasaran ‘B to B’ dengan dealer, dan ‘B to C’ dengan nasabah secara langsung sejak Juli 2015, khususnya dalam memperkenalkan program ‘1 to 7 Wonders.

Melalui program 1 to 7 Wonders diharapkan dapat menjadi solusi bagi konsumen dalam kredit otomotif. Hal ini terkait produk MTF yang lengkap seperti tenor sampai dengan 7 tahun, bunga 0% spesial tenor, bunga KPM khusus nasabah Mandiri, ditambah program undian berhadiah yang berlangsung dari 15 Agustus sampai dengan 31 Desember 2015.

Program undian berhadiah ini berlaku untuk kredit mobil baru semua merek (passanger & commercial Car) dan motor besar (Harley Davidson, BMW Motorrad and Zero). Pada periode ini, para pemenang undian berkesempatan mengunjungi salah satu negara dari 7 keajaiban dunia yang sudah tersohor keindahannya, antara lain : Kamboja, India, China, Perancis, Italia, Inggris, dan AS.

Direktur Utama PT Mandiri Tunas Finance, Ignatius Susatyo Wijoyo, mengatakan, dengan beragam program tersebut MTF optimis tetap tumbuh di atas 30% sepanjang semester kedua tahun ini, sejalan dengan suport yang kuat dari Bank Mandiri.

Selain dukungan Bank Mandiri, untuk memperkuat pembiayaan tahun 2015, MTF mempunyai sejumlah rencana bisnis, di antaranya: penerbitan obligasi berkelanjutan II sebesar Rp 1 – 2 triliun di kuartal IV tahun 2015 untuk modal kerja pembiayaan.

Susatyo menjelaskan, untuk kembali menggairahkan pembiayaan otomotif,regulator seharusnya tidak memilih program stimulus dengan memangkas down payment, tetapi mendorong penurunan suku bunga. Menurutnya, jika DP turun, masyarakat akan berbondong mengkredit kendaraan, tetapi ada risiko macet karena suku bunga tinggi.

“Padahal jika menjaga kualitas kredit sudah cukup dengan DP yang stabil saja, misalnya 25%, tetapi bunganya diturunkan. Ini terkait daya beli yang memang lagi menurun. Kalau DP turun, sifat konsumerisme naik, orang tidak pikir lagi bunga tinggi,” jelas Susatyo. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved