Cara Stabilo Lahirkan Wirausaha Baru

image001

Bertujuan untuk memberikan pembelajaran kewirausahaan sekaligus melahiran bibit wirausaha muda baru, Datascrip menggelar Stabilo Youth Entrepreneurship Competition 2016 untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kompetisi yang sudah diadakan sejak Oktober hingga awal Desember 2016 ini sudah memilih 6 sekolah terbaik yang berhasil mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah.

Stabilo Youth Entrepreneurship Competition 2016 merupakan kompetisi wirausaha yang diikuti oleh 18 SMK dari wilayah Jabodetabek. Masing-masing sekolah mengirimkan 1 tim dengan perwakilan 5 siswa terbaiknya. Di tahap awal, para peserta dikumpulkan untuk mendapatkan pelatihan kewirausahaan dari mentor dan champion sales trainer, Dedy Budiman. Mereka dibekali materi mengenai strategi sukses menjadi wirausaha muda, pengetahuan tentang pola pikir entrepreneur, motivasi, riset pasar, strategi pemasaran dan penjualan dipaparkan secara gamblang.

Para peserta ditantang untuk bisa mendistribusikan paket produk Stabilo dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Mereka dibekali dengan materi promosi seperti mobile display, rack display, dan roll banner. Dalam pelaksanaannya, peserta diberikan kebebasaan kreativitas untuk melakukan strategi pemasaran dan penjualan. Dari hasil pantauan salama kompetisi, para peserta tidak hanya melakukan penjualan secara konvensional ke lingkungan sekolah, melainkan juga menjajakan dagangannya ke tempat-tempat keramaian hingga melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Bahkan ada tim yang menggandeng rekan-rekannya untuk menjadi jalur distribusi sehingga penjualan produknya lebih cepat dan lebih banyak. Peserta diwajibkan memberikan laporan tiap minggunya melalui sistem khusus yang bisa diakses secara online. Hal ini untuk pembelajaran agar peserta bisa membuat laporan secara sistematis, rapih, dan teratur.

“Melalui Stabilo Youth Entrepreneurship Competition 2016 ini para siswa dapat mempraktikkan secara langsung mata pelajaran kewirausahaan yang didapat di sekolah. Antusias para peserta luar biasa, mereka begitu kreatif dalam memasarkan dan menjual produk Stabilo yang diberikan panitia,” ujar Sylvia Lionggosari, Division Director PT Datascrip.

Peserta dengan perolehan penjualan terbanyak berhak menjadi juara pertama, yaitu SMK N 8 Bandung. Mereka berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta. Juara 2 yaitu SMK Al Hidayah 1 Jakarta mendapatkan hadiah uang tunai Rp 7,5 juta. Juara 3 yaitu SMK Bhakti Idhata Jakarta mendapatkan hadiah uang tunai Rp 5 juta. Juara harapan 1 yaitu SMK N 1 Bandung mendapatkan hadiah uang tunai Rp 3,5 juta. Juara harapan 2 yaitu SMK Pasundan 1 Bandung mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 2 juta dan juara harapan 3 yaitu SMK N 2 Bandung mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)