Cashlez Raih Pendanaan US$ 2 Juta dari Mandiri Capital

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) memimpin pendanaan untuk investasi startup fintech dalam bidang solusi pembayaran (Digital Payment Solution) sebesar US$ 2 juta kepada perusahaan rintisan (startup) Cashlez. Cashlez merupakanperusahaan teknologi pembayaran yang menciptakan sistem mPOS (mobile point of sale).

Startup ini didirikan tahun 2015 menawarkan sebuah konsep penerimaan pembayaran menggunaakan kartu, baik kartu kredit atau kartu debit berbasis aplikasi pada smartphone (Android and iOS) yang dihubungkan dengan card reader (dongle) melalui bluetooth.Sistem ini dapat memonitorsemua transaksi penjualan bisnis merchant secara real time.

Direktur Utama MCI,Eddi Danusaputro, berharap, melalui Cashlez, UMKM mendapatkan kesempatan untuk memanfaatkan solusi pembayaran digital yang lebih terjangkau dan inovatif. Selain itu produk yang ditawarkan Cashlez diharapkan dapat membantu lembaga keuangan untuk meningkatkan efisiensi. Dengan memberikan solusi penerimaan pembayaran dengan menggunakan kartu, baik secara B2B maupun B2C.

“MPOS milik Cashlez secara teknis memiliki kualitas baik dengan response time yang cepat dan telah memiliki sertifikat PCI DSS compliant sebagai sertifikasi keamanan yang dibutuhkan Visa atau Mastercard,” jelas Eddi.

Sementara itu, CEO dan pendiri Cashlez, Teddy Setiawan, menambahkan, berdasarkan laporan KPMG (2017) 36 persen dari masyarakat Indonesia telah memiliki akun bank, namun hanya 10 persen yang melakukan adopsi untuk menggunakan transaksi non-tunai. "Di sini peran kami hadir untuk mengedukasi serta sebagai solusi gunameningkatkan transaksi non-tunai sehingga dapat meningkatan pendapatan, terutama UMKM di Indonesia, ujarnya.

Dilanjutkan Teddy, sejak berdiri 2015 dan resmi beroperasi September 2016, pihaknya telah memiliki kurang lebih 1000 merchant yang telah bergabung. Sebanyak 61 persen mayoritas pengguna Cashlez datang dari retail dan travel tourism. Nantinya, pendanaan dari MCI dan investor lainnya, akan digunakan untuk membeli sebanyak 4000 reader mPOS guna memperluas jaringan. Selain itu dana tersebut juga akan digunakan untuk digital marketing.

"Selain mendapatkan pendanaan, Cashlez juga mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan Moka POS yang merupakan salah satu portfolio Mandiri Capital sebagai langkah strategis dalam mengintegrasikan potensi bisnis yang dimiliki startup yang dinaungi oleh Mandiri Capital,” ungkap Teddy.

Di sisi lain, Eddi mengungkapkan, MCI akan menargetkan hingga tahun 2017 bisa membiayai sekitar 10 startup. Rencananya, MCI akan menambah 3 sampai 4 startup untuk didanai dengan besaran nilai investasi beragam.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)