Cegah Gagal Ginjal dengan Konsumsi Air Putih

'Ginjal Sehat untuk Semua' sebagai tema dalam peringatan WKD 2015. 'Ginjal Sehat untuk Semua' sebagai tema dalam peringatan WKD 2015.

World Kidney Day (WKD) yang dicetuskan oleh International Society of Nephrology (ISN) dan the International Federation of Kidney Foundation (IFKF) dirayakan di seluruh dunia pada setiap minggu kedua bulan Maret sejak tahun 2006.

Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) sebagai anggota ISN turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan rangkaian kegiatan untuk WKD setiap tahun.

Menginjak tahun ke-10, WKD ingin memfokuskan kesehatan ginjal untuk seluruh masyarakat global. Data internasional menyebutkan bahwa sekitar 10% dari populasi dunia menderita penyakit ginjal kronik (PGK) dan diprediksikan akan meningkat hingga 17% pada dekade selanjutnya. PGK saat ini pun telah diakui oleh WHO sebagai masalah kesehatan serius dunia. Sementara itu, masyarakat yang hidup di negara dengan akses pelayanan kesehatan yang rendah menghadapi risiko terbesar terhadap dampak penyakit ginjal dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk terapi penyakit tersebut sangat tinggi.

Di Indonesia, pravelensi penyakit ginjal kronik terus meningkat setiap tahun. Hasil studi epidemiologi PERNEFRI tahun 2005 menunjukkan bahwa sebanyak 12,5% dari masyarakat diketahui mengalami penyakit ginjal kronik. Berdasarkan data Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), sampai tahun 2012 pasien yang mengalami PGTA mencapai 100.000 pasien.

Dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH, Ketua PERNEFRI, mengatakan bahwa PERNEFRI berada di bawah naungan ISN selalu berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara kesehatan ginjal dengan dengan mengedukasi pengenalan faktor risiko dan upaya pencegahannya.

“Dampak penyakit ginjal ini sangat besar pengaruhnya terhadap sosial ekonomi penderita dan negara karena biaya mahal yang dikeluarkan untuk penanganan penyakit ini. Kami berharap dengan diadakannya edukasi mengenai penyakit ginjal ini, penderita dan negara dapat terhindar dari dampak besar akibat penyakit tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Prof.DR. dr. Parlindungan Siregar, Sp. PD-KGH, menjelaskan bahwa menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan delapan langkah, yaitu menjaga badan tetap bugar dan aktif olah raga, menjaga kadar gula darah, menjaga tekanan darah tetap stabil, mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. “Juga mengonsumsi air yang cukup, tidak merokok, tidak mengkonsumsi obat anti nyeri dalam jangka panjang, dan memeriksa ginjal secara berkala,” ungkapnya.

Danone Aqua kembali berperan sebagai pendukung utama pada peringatan WKD 2015 di Indonesia. Health Marketing Director Danone Aqua, dr.Pradono Handojo, MHA mengungkapkan tahun ini merupakan tahun ke-6 mendukung peringatan WKD di Indonesia. “Sebagai produsen air minum dalam kemasan terkemuka di Indonesia kami senantiasa ambil bagian dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dehidrasi tubuh bagi kesehatan secara umum dan kesehatan ginjal secara khusus,” imbuhnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)