Cermati.com Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Kepesertaan Mandiri

Co-Founder/Direktur Cermati.com, Andhy Koesnandar (ketiga dari kiri) dan
Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E.Ilyas Lubis (kedua dari kanan).

Marketplace produk keuangan Cermati.com bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan layanan digital khusus pendaftaran dan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan.

Layanan ini ditujukan untuk kepesertaan mandiri yang termasuk dalam segmen pekerja bukan penerima upah (BPU), atau pekerja mandiri yang berprofesi sebagai supir Gojek, pedagang, buruh bangunan, dan berbagai profesi mandiri lainnya.

Sementara itu,  itu per Desember 2018, tercatat jumlah total peserta BPJS Ketenagakerjaan mencapai 50 juta peserta, di mana sebanyak 29,8 juta adalah jumlah peserta aktif. Dari  jumlah tersebut, hanya 1,7 juta di antaranya merupakan peserta sektor bukan penerima upah (informal), angka ini juga mengalami kenaikan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017, yakni hanya sebanyak 1,2 juta peserta.

“Dengan capaian data tersebut, kami berharap kerjasama ini dapat mewujudkan pertumbuhan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan sektor BPU (bukan penerima upah) sebagai wujud dukungan pada program Negara,” ujar E. Ilyas Lubis selaku Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Chief Business Officer Cermati.com, Carlo Gandasubrata, mengungkapkan, Cermati ingin membantu BPJS Ketenagakerjaan mencapai target, khususnya dalam mempermudah para pekerja segmen Bukan Penerima Upah (BPU) mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. "Kami akan terus mendukung BPJS Ketenagakerjaan mencapai Aggressive Growth tahun ini,” ujar Carlo.

Melalui kerja sama ini, Cermati.com tercatat sebagai marketplace produk keuangan pertama yang menyediakan layanan digital BPJS Ketenagakerjaan. Direktur Cermati.com, Andhy Koesnandar, mengatakan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk dukungan Cermati.com terhadap peningkatan program perlindungan jaminan sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami percaya pelayanan digital cermati.com bisa mempermudah masyarakat untuk mengenal, mendaftar dan menggunakan program sosial BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Untuk melakukan pendaftaran, pengguna bisa mengisi data diri sesuai identitas KTP, pilih jenis pekerjaan, jumlah penghasilan serta kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, serta pilihan paket program BPJS Ketenagakerjaan yang dikehendaki.

Selanjutnya, jika sudah melengkapi semua isian data tersebut, para pekerja mandiri akan terdaftar secara aktif memiliki BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, para peserta BPJS Ketenagakerjaan pun akan mendapatkan reminder bila pembayaran iurannya hampir jatuh tempo.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)