Cetak Pengusaha Kreatif, IDS dan IKJ Gelar FWK

Banyak cara yang dilakukan institusi pendidikan untuk melahirkan pengusaha kreatif. Salah satunya yang dilakukan oleh International Design School (IDS) dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang bekerjasama dalam menyelenggarakan pameran bertajuk “Festival Wirausaha Kreatif (FWK)”. Acara yang membidik anak muda ini berlangsung pada 3 September – 8 September 2012 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Kiri: Wagiono Sunarto (Rektor IKJ) dan Andi S. Boediman (Pendiri IDS)

Andi S. Boediman, pendiri IDS, memaparkan, jumlah wirausaha di Indonesia melonjak dari 0, 24% pada 2009 menjadi 1,56% di Januari 2012. Namun, jumlah itu harus terus ditingkatkan pada porsi yang ideal, yakni 2% dari total jumlah penduduk Tanah Air. “Dulu zamannya agriculture revolution, lalu beralih ke industrial revolution, dan kini sudah ke arah entreprenuer revolution. Semakin banyak pengusaha yang tumbuh, semakin bagus untuk perekonomian Indonesia,” ujar Andi.

Untuk itu, kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan inovasi dan kreativitas anak muda sehingga melahirkan bisnis-bisnis yang kreatif. “Pelatihan nanti akan melahirkan pengusaha kreatif karena ada kelas pitching dan yang belum punya ide bisnis, bisa sharing dengan yang lain di acara ini,” Andi menambahkan.

Sementara itu, Wagiono Sunarto, Rektor IKJ, mengungkapkan, pihaknya tertantang untuk melahirkan alumnus yang berkarir industri kreatif. Sebanyak 6000 alumnus IKJ tercatat bekerja sebagai seniman, profesional, dan bergabung dengan industri kreatif. “Kebanyakan diantaranya adalah dari jurusan film dan televisi,” ungkap Wagiono.

FWK memiliki tujuan untuk mendukung perkembangan industri kreatif dengan mengenalkan pengetahuan bisnis dan wirausaha kepada insan kreatif. Pameran ini dikemas dalam rangkaian talkshow dengan berbagai komunitas seperti Wujudkan.com, Web Series Indonesia, SosiShot, Kreavi.com, Gantibaju.com, Sribu.com, kuliah umum dari praktisi ekonomi kreatif, serta business networking. Dalam pameran terebut pula akan dipamerkan 15 karya dari mahasiswa jurusan wirausaha kreatif mulai dari e-commerce, industri pakaian, website tutorial, sampai furnitur.

Beberapa tokoh inspiratif ekonomi kreatif yang menyampaikan kuliah umum antara lain; Teguh Prasetya (Pendiri Indonesia Cloud Forum dan anggota Masyarakat Telematika Indonesia), Dian Noeh Abubakar (CEO PR Consultant Kennedy Voice & Berliner), Suwandi Tjia (CEO PT Surya Menara Eka), Yoris Sebastian, Billy Boen, dan masih banyak lagi. (EVA)

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)