Chairul Tanjung Dorong Lahirnya Pasar Pop Indonesia Skala Global

Berkembangnya popularitas K-Pop ke seluruh dunia, termasuk Indonesia membuat PT Trans Media melihat peluang bisnis baru. Chairman CT Corp.,  Chairul Tanjung  (CT) memutuskan untuk bekerja sama dengan SM Entertainment Group (SM). Sinergi ini mencakup talent management, produksi konten visual, event production, promosi, periklanan, merchandising dan mobile platform.

SM adalah salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan yang mempelopori lahirnya Korean wave dan mempopulerkan K-Pop di seluruh dunia. Selain itu,  wadah manajemen artis serta produsen konten dan musik yang menaungi artis-artis papan atas dari Korea. Tak hanya itu, perusahaan ini juga selalu mengembangkan platform bisnis baru seperti dalam bisnis mobile, periklanan dan gaya hidup.

Melihat prestasi yang dilakukan SM,  Bos CT Corp itu ingin mendorong lahirnya pasar Pop Indonesia (I-Pop) dalam skala global. Caranya melalui pembinaan talenta local dan mengasahnya menjadi bintang pop kelas dunia. Menurutnya, permintaan konten yang fresh dan interaktif akan meningkatkan secara signifikan karena transisi generasi yang tengah terjadi. Ia melihat di tahun 2020, akan didominasi oleh generasi milenila dan post-millenial yang mencari hiburan inovatif dan interaktif.

Dengan kerja sama ini maka akan terjadi perpaduan pengalaman antara SM dan Trans Media untuk merevolusi industri hiburan, memproduksi konten berkualitas serta kekuatan distribusi digital akan menciptakan standar baru di industri media dan hiburan nasional. Perkembangan SM saat ini juga sedang fokus pada mobile platform.  Ini sejalan dengan  apa yang sedang dikembangkan oleh Trans Media dalam mengembangkan mobile digital platform. Selain itu, bisnis gaya hidup yang merupakan bisnis utamanya bisa  inline dengan apa yang jadi kekuatan SM. Sehingga kedua perusahaan ini sepakat  joint venture yang akan dilakukan setelah strateg finansial  dan bisnis model disepakati,

“Nantinya kerja sama tersebut tidak hanya pada talent management, tetapi  juga kepada mobile platform dan bisnis gaya hidup,” ujarnya di sela-sela acara penandatangan nota kesepahaman antara SM Entertaiment Group dengan Trans Media. CT percaya bahwa Asia akan menjadi pusat kekuataan ekonomi dunia. “Dan kami percaya milenial akan mengontrol pasar dalam waktu yang tidak lama lagi. Dengan joint venture ini akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, tidak hanya untuk Indonesia dan Korea, tapi juga Asia dan kontribusi untuk dunia,” jelas CT di Jakarta (9/10/2018).

Senada dengan CT, Group CEO SM, Young Min Kim, juga optimistis  dengan adanya kepercayaan di kedua belak pihak maka bisnis ini akan memperoleh hasil yang maksimal “Di bidang entertainment, rasa saling percaya penting tapi disamping itu yang paling penting adalah saling menguatkan satu sama lain sehingga kami percaya dengan kekuatan seperti itu punya masa depan cerah,” ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)