CIMB Niaga Mudahkan Nasabah Berkirim Uang Lebaran

Perayaan Idul Fitri sudah menjadi tradisi perayaan besar bagi umat muslim Indonesia. Tidak saja arus orang dan barang, berbagai kegiatan ekonomi yang berkaitan erat dengan keperluan Lebaran juga terlihat sibuk. Salah satunya, arus pengiriman uang ke kampung halaman mengalami peningkatan dari biasanya.

Kantor cabang CIMB Niaga

Kemajuan teknologi di sektor perbankan ternyata membawa perubahan positif dalam masyarakat. Terutama dalam kemudahan dan fleksibilitas bertransaksi. Sebagai contoh, masyarakat kini bisa leluasa mengirim uang Lebaran ke nomor telepon seluler (ponsel) kerabat tercinta.

Head of Branch & Branchless Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga), Budiman Poedjirahardjo, mengatakan, “Dengan Rekening Ponsel, transfer uang Lebaran kepada kerabat tercinta dapat dilakukan antar nomor ponsel, tanpa perlu nomor rekening bank. Pengguna tak perlu lagi menghafal nomor rekening bank, dan dapat melakukannya dengan aman, cepat dan tanpa biaya. Rekening Ponsel mempunyai kemampuan untuk transfer dana ke semua nomor ponsel di Indonesia.”

Bagi penerima dana, lanjut Budiman, penarikan tunai dapat dilakukan dengan hanya mendaftarkan nomor ponsel-nya sekali saja di kantor cabang CIMB Niaga terdekat. Setelah nomor ponsel didaftarkan, penerima dana dapat langsung mengambil dananya melalui ATM CIMB Niaga yang tersebar luas di Tanah Air, tanpa perlu menggunakan kartu ATM.

Tak hanya itu, penarikan tunai tidak lagi terbatas di jaringan ATM maupun kantor cabang CIMB Niaga saja. Lebih dari 18.000 gerai Indomaret dan Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia sudah dapat melayani setor dan tarik tunai juga. Khusus penerima dana yang Rekening Ponsel-nya sudah teregistrasi, dapat langsung ke Indomaret dan Alfamart untuk melakukan penarikan tunai.

“Ini berarti, Rekening Ponsel semakin dekat dengan masyarakat Indonesia, termasuk kerabat tercinta di kampung halaman yang belum menjadi nasabah bank,” ungkap Budiman.

Sebagai terobosan baru CIMB Niaga serta membantu upaya regulator dalam program literasi keuangan, penarikan tunai melalui gerai Indomaret dan Alfamart ini terbilang cukup mudah. Caranya, membuat Kupon terlebih dahulu dengan jumlah uang yang akan ditarik. Lalu, nomor Kupon Rekening Ponsel diberikan ke kasir, dan pengguna Rekening Ponsel akan menerima uang tunai.

Adapun cara membuat kupon untuk penarikan tunai, misal dengan nominal Rp 100.000, adalah ketik “Kupon 100000” dan kirim ke 1418. Kemudian, pengguna akan menerima pesan singkat/SMS untuk meng-otorisasi pembuatan Kupon, serta nomor unik Kupon yang akan diberikan ke kasir.

Bagi CIMB Niaga, pengembangan fitur maupun kemudahan layanan Rekening Ponsel yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna aktif maupun volume transaksi melalui konsep branchless banking. Sejak diluncurkan pada Maret 2013 hingga akhir Juni 2014, pengguna Rekening Ponsel tumbuh rata-rata 12% per bulan dan kini memproses 1 juta transaksi setiap bulannya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)