CIMB Niaga Perkuat Digitalisasi Transaksi Perbankan

Chief of Transaction Banking CIMB Niaga, Hendra Lembong, mengatakan, CIMB Niaga menawarkan beragam layanan pengelolaan keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan transaksi perbankan nasabah perusahaan yakni trade finance, cash management, value/supply chain, custody & fund administration services, serta trustee & loan agency services.

“Kami terus melakukan pengembangan produk dan solusi bisnis yang inovatif agar selalu dapat memberikan nilai tambah serta meningkatkan pelayanan ke nasabah terutama dari sisi peningkatan efisiensi pengelolaan keuangan nasabah,” ujar Hendra.

Chief of Transaction Banking CIMB Niaga Hendra Lembong (tengah) saat menjelaskan strategi digitalisasi transaksi perbankan di Graha CIMB Niaga, Jakarta, (17/2). Chief of Transaction Banking CIMB Niaga Hendra Lembong (tengah) saat menjelaskan strategi digitalisasi transaksi perbankan di Graha CIMB Niaga, Jakarta, (17/2).

Untuk mendukung tujuan tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai inovasi dari hati di antaranya integrasi antara produk Transaction Banking dengan Consumer Banking untuk melayani nasabah perusahaan secara end-to-end. Inovasi ini dimaksudkan untuk memberikan solusi tepat guna dan cashless untuk beberapa jenis industri seperti e-commerce, pelabuhan dan transportasi.

Untuk industri e-commerce, keuntungan yang diperoleh antara lain pembayaran dan rekonsiliasi transaksi dilakukan secara otomatis dan real time online sehingga menjadi lebih efisien dan aman. Adapun untuk industri pelabuhan waktu tunggu barang di pelabuhan menjadi lebih singkat dengan memberikan kemudahan melakukan transaksi melalui layanan elektronik, sedangkan untuk industri transportasi inovasi ini memungkinkan registrasi rekening dan pembayaran insentif pengemudi dilakukan secara massal sehingga menjadi lebih efisien karena tidak menggunakan uang tunai.

Pengembangan produk lainnya adalah FX Deal Online melalui BizChannel@CIMB yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi mata uang asing secara online. Selain itu, perseroan juga telah meluncurkan Plug n Pay sebagai inovasi terbaru dimana dengan hanya menggunakan smartphone pribadi, transaksi bisa dilakukan layaknya mesin EDC biasa.

Adapun untuk trade finance, CIMB Niaga siap melayani nasabah dengan lebih dari 1.000 kantor cabang yang tersebar di kawasan ASEAN dan didukung oleh layanan trade desk yang tersebar di sejumlah kota besar di Indonesia. “Dengan kekuatan tersebut kami mampu mencapai pertumbuhan pinjaman trade finance yang meningkat hampir 50%,” ungkap Hendra.

Selain itu, kerja sama dalam penyediaan layanan cash management maupun trade finance dengan korporat besar yang merupakan pelaku bisnis utama di industrinya masing-masing juga terus ditingkatkan. Hal ini semakin diperkuat melalui sinergi value chain, yakni dengan menghubungkan rantai bisnis ke pembiayaan distributor hingga ke downline/pengecer dari para nasabah korporat besar tersebut dalam rangka menangkap peluang bisnis end-to-end. “Harapan kami, hal ini turut mendukung pertumbuhan perekonomian nasional,” tutur Hendra.

Transaction Banking terus menunjukkan performa yang baik dengan kontribusi sekitar 20% terhadap total pendapatan CIMB Niaga pada 2015. Selain didukung oleh pertumbuhan pada pinjaman trade finance, pencapaian ini seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi BizChannel@CIMB yang hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2013 hingga mencapai sekitar 25 ribu nasabah korporasi yang berdampak positif kepada pertumbuhan dana murah. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)