CIMB Niaga Sediakan Dana Tunai Lebaran Rp 7,18 Triliun

PT Bank CIMB Niaga Tbk siap melayani kebutuhan masyarakat menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Selain menyiapkan dana tunai, CIMB Niaga juga membuka sejumlah kantor cabang yang akan beroperasi secara terbatas. Kantor cabang akan berfungsi sebagai care center selama libur Lebaran, yaitu tanggal 17 hingga 22 Agustus 2012 mendatang.

Samir Gupta, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan 38 kantor cabang yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Kantor cabang tersebut akan berfungsi sebagai care center untuk melayani kebutuhan nasabah yang berkaitan dengan kendala di ATM. Antara lain, kartu yang tertelan di mesin ATM, buka blokir kartu ATM karena salah PIN, dan penggantian kartu ATM yang rusak. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 09.00 sampai 15.00 waktu setempat.

“Kami melihat hal-hal tersebut yang paling sering terjadi selama libur Lebaran. Sifatnya penting dan mendesak, karena umumnya masyarakat banyak yang membutuhkan uang tunai dan melakukan transaksi di ATM. Karenanya, di setiap kantor cabang yang menjadi care center, kami menempatkan petugas-petugas yang siap membantu nasabah yang mengalami masalah dengan kartu ATM-nya”, terang Samir dalam rilis yang diterima SWA.

Samir menambahkan, lokasi kantor cabang yang menjadi care center dipilih di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan para pemudik. “Hal ini sudah menjadi komitmen CIMB Niaga untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabah,” katanya.

Terkait dengan kebutuhan uang tunai, Samir menjelaskan, CIMB Niaga telah menyediakan dana tunai sekitar Rp 7,18 triliun di berbagai wilayah di Indonesia, naik 12% dibandingkan kebutuhan dana tunai di tahun 2011 yang mencapai Rp 6,40 triliun. Dari total kebutuhan dana tunai di 2012, daerah Jabodetabek masih menjadi wilayah dengan kebutuhan uang tunai yang paling besar, yaitu Rp 2,08 triliun.

“Meski banyak warga Jakarta yang melakukan tradisi mudik/pulang kampung ke berbagai daerah di Indonesia, namun tak bisa dipungkiri Jabodetabek masih menjadi pusat ekonomi terbesar di Indonesia. Selama libur Lebaran, masyarakat Ibukota dan sekitarnya aktif melakukan transaksi perekonomian, terutama yang berkaitan dengan sektor konsumsi,” jelas Samir.

Selain memastikan ketersediaan uang tunai, CIMB Niaga juga memantau pengoperasian 1.973 ATM-nya (per 30 Juni 2012) di seluruh Indonesia, sehingga apabila terdapat gangguan dapat segera diatasi. Selain layanan ATM, nasabah juga dapat melakukan transaksi perbankan melalui layanan alternate channels CIMB Niaga lainnya. Layanan ini merupakan saluran/media online 24 jam yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan berbasis Teknologi Informasi yang canggih, kapan saja dan dimana saja nasabah berada. Termasuk dalam layanan ini di antaranya adalah Internet Banking–CIMB Clicks, Phone Banking dan Go Mobile.

“Kenyamanan nasabah menjadi prioritas bagi CIMB Niaga. Sehingga saat libur Lebaran, mereka dapat pulang ke kampung halamannya dengan tenang, tanpa perlu pusing dengan urusan perbankannya,” ungkap Samir. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)