Cool Japan Ecosystem Raih Suntikan Dana US$10 Juta

Clozette, perusahaan social content marketing, mendapat kucuran dana investasi dalam bentuk Series C Funding sebesar US$10 juta dari Cool Japan Fund.

Cool Japan Fund merupakan badan public-private fund di bawah Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (METI), yang menyediakan dana investasi bisnis dengan tujuan menyebarluaskan investasi Jepang dalam bisnis B2C bertaraf global dari berbagai sektor.

Investasi ini akan digunakan untuk meningkatkan kualitas data-drive content dan platform analitik, memperluas anak perusahaan yang telah dimulai pertama kali di Thailand, dan menciptakan ekosistem interaktif baru. Roger Yuen, Founder & CEO Clozette Pte Ltd, mengatakan perusahaannya akan menciptakan sebuah ekosistem bisnis baru, Cool Japan Ecosystem.

“Bersama dengan Cool Japan Fund, kami akan menciptakan Cool Japan Ecosystem multibahasa yang menawarkan beragam konten menarik dan mudah dibeli. Dipadukan dengna keunikan konten storytelling Clozette dan beragama talenta berpengaruh untuk menarik perhatian pecinta budaya Jepang di Asia dan sekitarnya,” ujar Roger.

Platform Omni-Channel yang diluncurkan pada Juni 2019 ini, akna menjadi penyedia konten sosial dan didistribusikan dengna fitur berbelanja yang akan didukung oleh beberapa e-commerce dan partner lain. Konten dalam ekosistem ini akan secara spesifik membahas kecantikan, busana, pariwisata, dan gaya hidup terkini ala Jepang.

Yuji Kato, COO & CIO Cool Japan Fund, menyampaikan alasan memberi pendanaan Seri C karena terkesan dengan visi dan kemampuan tim manajemen Clozette dalam memahami keinginan pembaca dan menyajikan konten yang sesuai dan menarik.

“Kami melihat DNA dari Clozette sesuai dengan misi Cool Japan Fund yang ingin mempromosikan kultur fashion, kecantikan, kuliner, pariwisata dan gaya hidup Jepang. Kami melihat Asia Tenggara sebagai salah satu top priority market, terutama konsumen milenialnya,” ujar Yuji.

Pendanaan Seri C ini dilakukan berdasarkan periode pertumbuhan dan profitabilitas Clozette yang pesat di mana pertumbuhan pendapatan pada tahun 2018 berhasil mencapai lebih dari 140%. Pertumbuhan bisnis ini didukung oleh tingginya kontribusi market Clozette Indonesia yaitu sebesar 200%.

Saat ini keluarga besar Clozette sudah memiliki 100 karyawan yang tersebar di 4 negara di sekitar Asia Tenggara dan Jepang. Perusahaan yang juga didukung oleh Walden International dan Phillip Private Equity ini menghadirkan konten brand yang menggabungkan kreasi orisinal yang dihasilkan oleh lebih dari 3.500 kreator dengan jangkauan sosial kolektif yang melebihi 600 juta jangkauan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)