Pruco Life Akuisisi 49% Saham Jiwa Mega

CT Corp dan Prudential Financial Inc (PFI) resmi menjalin kerja sama strategis di PT Asuransi Jiwa Mega Indonesia. Pemilik CT Corp Chairul Tanjung, mengatakan, kerja sama ini untuk mengembangkan perusahaan, sehingga diharapkan bisa menjadi perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia. PFI melalui anak usahanya Pruco Life Insurance Company telah resmi mengakuisisi 49% saham Jiwa Mega. Perjanjian kerja sama telah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 3 Juli lalu.

Menurutnya, peluang bisnis asuransi jiwa  sangat besar di Indonesia. Kebutuhan asuransi jiwa akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya disposable income dan tingkat kesadaran finansial di Indonesia. Chairul yakin Mega Jiwa akan mampu menjawab kebutuhan tersebut dengan solusi-solusi perlindungan yang lebih inovatif sebagai hasil perpaduan kekuatan produk dan operasional PFI dan kekuatan jaringan bisnis CT Corp di Indonesia. Pada akhirnya, hal ini akan berkontribusi pada perbaikan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

“Ini merupakan langkah penting untuk CT Corp karena perusahaan tersebut salah satu perusahaan terbesar di dunia. Selain itu kami juga ini partner kami juga menjadi terbesar, paling tidak di Indonesia,” ujarnya dalam konfrensi pers di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kerja sama ini dilatarbelakangi, perseroan merasa dalam bisnis asuransi jiwa ini CT Corp memiliki keterbatasam dari sisi knowledge dalam mengelola asuransi jiwa. Sehingga ia merasa perlu dilakukannnya kerja sama ini untuk menjalankan sinergi yang baik ke depannya.

Sementara, Chief Operating Officer dan Executive Vice President yang membawahi bisnis Internasional PFI, Charles Lowrey, mengaku, kerja sama ini menjadi tonggak bersejarah bagi kehadiran pihaknya di Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan pasar asuransi jiwa yang sangat menjanjikan seiring tingkat pertumbuhan kelas menengah yang cukup pesat, tingkat penetrasi pasar asuransi yang masih remdah, serta tatanan regulasi yang baik. “Kerja sama ini, akan semakin memacu pertumbuhan bisnis dan memperluas jaringan internasional PFI,” jelasnya

Ia yakin kekuatan jaringan dan brand CT Corp yang dipadukan dengan keahlian kami dalam mengelola aset dan produk asuransi selama lebih dari 140 tahun dapat menjawab harapan masyarakat Indonesia guna mendapat perlindungan finansial terbaik bagi keluarganya.

Sebagai informasi, PFI saat ini telah hadir di 40 negara di seluruh dunia, termasuk Jepang, Korea Selatan, Taiwan, China, Malaysia, dan India. Pada akhir tahun lalu, PFI membukukan premi asuransi bruto sekitar US$ 3,7 triliun, termasuk closed block policies.

Dari sisi bisnis, Direktur Asuransi Jiwa Mega Liarny optimistis dengan adanya kerjasama ini, tahun ini perseroan bisa mencapai target premi sebesar Rp650 miliar atau tumbuh 100 persen dibandingkan pencapaian tahun lalu. “Sampai semester I ini, realisasi masih on the track sesuai target. Target tahun ini, Rp650 miliar. Kami optimistis, karena kami punya strategi dan bancassurance specialist,” katanya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)