Dapat Kucuran US$ 170 Juta, Multistrada Bayar Utang

PT Multistrada Arah Sarana Tbk. mendapatkan pinjaman US$ 170 juta dari PT OCBC NISP. Utang  bertenor delapan tahun dengan tingkat suku bunga London Interbank Offered Rate (Libor) sebesar 4,25% tersebut akan digunakan untuk membayar utang sindikasi sebesar US$ 110 juta  yang akan jatuh tempo pada pada 2016 dan 2017 mendatang.

multistradaPresiden Direktur Multistrada, Pieter Tanuri, mengatakan, selain untuk membayar utang, juga digunakan untuk modal kerja dan peningkatan kapasitas produksi.

“Diharapkan dengan adanya pinjaman baru itu perusahaan dapat menghasilkan dana lebih banyak untuk dinvestasikan kembali agar dapat terus berkembang dan berinovasi dalam industri ban dalam negeri dan internasional sebagai pemangunan merek global,” kata Pieter Tanuri.

Dengan adanya pinjaman itu perseroan dapat meningkatkan kapasitas produksi menyusul pengadaan proyek mobil berkonsep murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) dari beberapa pabrikan mobil seperti Nissan, Suzuki, dan Mitsubishi.

Potensi kebutuhan ban untuk LCGC ke depan akan lebih besar mengingat produksi LCGC ke depan. Saat ini, kontrobusi LCGC terhadap penjualan ban perseroan sebesar 5% dari total produksi. “Kontribusi LCGC bagi perseroan dapat meningkat menjadi 20%,” ujarnya.

Penjualan ban Multistrada pada semester I sebesar 3,7 juta atau meningkat 6% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Sementara penjualan ban motor sebesar dua juta unit atau tumbuh 21%.

Saat ini kapasitas produksi tahunan perseroan mencapai 10 juta ban mobil, dengan sekitar 70% diekspor ke lebih 83 negara tujuan. Sementara untuk ban sepeda motor, kapasitas produksi mencapai enam juta ban. Brand produk perseroan mencakup Archiles, Corsa, dan Strada. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)