Darmawan Junaidi, Nahkoda Baru di Bank Mandiri

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri Tbk., Darmawan Junaidi diputuskan menjadi dierktur utama menggantikan Royke Tumilaar yang diangkat menjadi Direktur Utama BNI pada September 2020 lalu.

Pemegang saham juga menyetujui Alexandra Askandar menjadi Wakil Dirut Bank Mandiri, sedangkan Sigit Prastowo akan menjabat Direktur Keuangan dan Strategi. Alexandra sebelumnya adalah Direktur Corporate Banking Bank Mandiri dan Sigit sebelumnya pernah menjabat Direktur Keuangan di BNI.

Selain tiga posisi tersebut, RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Rohan Hafas menjadi Direktur Hubungan Kelembagaan, dan Susana Indah Kris Indriati menjadi Direktur Corporate Banking. Adapun posisi Direktur Operations akan dijabat oleh Tony Eko Boy Subari.

Adapun Hery Gunardi mendapatkan tugas dari Kementerian BUMN untuk menyelesaikan merger bank-bank BUMN Syariah. Penugasan tersebut dilatarbelakangi kecakapan dan pengalaman Hery dalam mengawal proses merger pembentukan Bank Mandiri sebelumnya sehingga diharapkan akan membantu proses merger bank-bank BUMN syariah agar berjalan mulus.

Darmawan mengatakan bahwa strategi ke depan yang akan ia lakukan yakni Bank Mandiri akan tetap fokus pada bisnisnya di wholesale banking yang meliputi corporate banking, commercial banking, dan layanan kepada kantor kementerian dan lembaga serta sejumlah BUMN.

Pihaknya juga akan fokus ke sektor UMKM untuk mendorong perekonomian Indonesia. "Jadi nanti ini akan difokuskan di regional dan akan terus kami dorong kepada kebutuhan pasar domestik atau jika ada memiliki potensi ekspor,” jelasnya. Sementara, dalam menghadapi pandemi ini, perusahaan akan menunda dan mengkaji kembali sejumlah aksi korporasi, sehingga pihaknya akan menunggu waktu yang tepat dalam mendorong pertumbuhan secara anorganik.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengemukakan, penunjukan bankir internal untuk mengisi pucuk pimpinan perseroan merupakan bentuk kepercayaan pemegang saham kepada sistem pengembang sumber daya manusia di Bank Mandiri dalam pembentukan talenta terbaik untuk dapat membawa perusahaan menjadi institusi keuangan terbaik di Tanah Air.

Menurutnya, pengurus baru juga diyakini akan dapat mendukung berbagai program nasional untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia, baik melalui program penyaluran pembiayaan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), program restrukturisasi kredit UMKM, maupun program bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Dengan demikian, susunan direksi perseroan menjadi sebagai berikut:
Direktur Utama : Darmawan Junaidi
Wakil Direktur Utama : Alexandra Askandar
Direktur Manajemen Risiko : Ahmad Siddik Badruddi
Direktur Information Technology : Rico Usthavia Frans
Direktur Kepatuhan dan Sumber Daya Manusia (SDM) : Agus Dwi Handaya
Direktur Commercial Banking : Riduan
Direktur Treasury dan International Banking : Panji Irawan
Direktur Jaringan dan Retail Banking : Aquarius Rudianto
Direktur Hubungan Kelembagaan : Rohan Hafas
Direktur Corporate Banking : Susana Indah Kris Indriati
Direktur Operations : Tony Eko Boy Subari
Direktur Keuangan dan Strategi : Sigit Prastowo.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Bank Mandiri

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)