Paket Kebijakan Ekonomi II Diumumkan Bertahap

Pemerintah menyebutkan paket kebijakan ekonomi tahap dua tak sebanyak paket kebijakan ekonomi tahap satu. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah tak akan mengumumukan paket kebijakan tahap dua sekaligus seperti paket sebelumnya.

"Seperti yang lalu itu. Akhirnya berubah jadi angka-angka dia. Sekian perpres, sekian PP (Peraturan Pemerintah), sekian permen. Mungkin kita hanya akan menjelaskan beberapa saja," kata dia di kompleks Istana Presiden, Selasa, 29 September 2015.

Tak hanya kebijakan dari pemerintah, dia menuturkan Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia juga akan mengeluarkan kebijakan dalam paket ekonomi tahap dua. Darmin memperkirakan pemerintah hanya mengeluarkan tiga poin dalam paket kebijakan ekonomi tahap dua.

"Mungkin dari pemerintah ya ada yang menyangkut industri, ada ekspor, dan keuangan. Walapun begitu yang paket 1 akan kita ulang penjelasannya, tapi per sektor," kata dia.

Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Gubernur Bank Indonesia

Darmin berujar, dalam pengumuman paket kebijakan ekonomi kedua nantinya dilakukan bergantian sesuai sektor.

"Mungkin pisah besok misalnya kementerian pertanian, industri. Lusa siapa lagi dan begitu seterusnya. Kita akan rancang yang baik supaya kemudian lebih kelihatan dia persektornya sebenarnya substansinya," kata dia.

Paket kebijakan tahap kedua adalah kelanjutan dari tahap paket kebijakan ekonomi tahap pertama. Dia mengatakan paket kebijakan pertama akan kembali dijelaskan agar semua pihak dapat memahami dengan baik.

Darmin menceritakan beberapa hari setelah paket kebijakan pertama diumumkan, beberapa perwakilan dari empat bank terbesar datang ke pemerintah.

"Mereka bilang, pak Darmin ada peraturan yang dikeluarkan oleh menteri yang lalu akan berlaku 1 Oktober kalau berlaku akan susah bisnisnya," kata dia. "Setelah kita cek, lho itu sudah dicabut. Kapan katanya? Paket kemarin ini. Nah itu dia masalahnya."

Karena itu, pemerintah akan menjelaskan persektor supaya bisa lebih rinci. Dia mencontohkan jika 90 peraturan langsung disampaikan maka tidak rinci. Maka dari itu, pemerintah akan menjelaskan 6 hingga 7 sektor sehingga lebih rinci.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)