Dassault Systemes dan Talian Tawarkan Teknologi untuk Industri Energi, Proses dan Utilitas

Dassault Systemes, perusahaan 3DExperience asal Eropa menandatangani kerja sama dengan PT Talian Infodinamika, penyedia solusi yang berfokus pada asset enterprise, pengelolaan fasilitas dan solusi optimisasi industri. Kerja sama keduanya berupaya menghadirkan pengalaman solusi industri berbasis Platform 3DExperience dari Dassault Systemes kepada industri energi, proses dan utilitas.

Menurut Samson Khaou, Direktur Pengelola Dassault Systemes Asia Pacific, kemitraan perusahaannya dengan Talian akan menciptkana nilai bisnis yang meningkat yang akan memastikan pelanggan kami unggul dalam kompetisi di tingkat lokal maupun global.

photo(7)

Melalui kerja sama ini, mereka menawarkan optimalisasi konstruksi pabrik yang mendukung konsistensi dan kemampuan menelusuri semua informasi dan meningkatkan produktivitas ekosistem proyek dengan mengurangi pemborosan dalam hal waktu, biaya dan sumber daya.

Tim proyek dapat secara mulus menciptakan, mengolaborasikan, membagikan dan mengelola informasi dengan template terbaik dengan fase, gerbang dan kejadian penting yang sudah didefinisikan sebelumnya.

Dengan bantuan teknologi ini, manajer dapat fokus pada kegiatan lain yang memiliki nilai tambah lebih tinggi. Adapun dashboard dinamis yang real-time memberikan angka skor pada manajemen proyek, menghilangkan tugas dan proses tidak penting. Pekerja juga dapat melatih diri mereka secara virtual dengan melakukan simulasi model digital dari rakitan konstruksi.

Seno Hardijanto, CEO PT Talian Infodinamika mengilustrasikan, dengan teknologi ini, down-time dapat menjadi terencana. Semakin terencana, semakin meningkat efisiensinya. Ia mengklaim, salah satu klien mampu menghemat sekitar Rp 30 miliar. Namun, ia mengakui, efisiensi yang dihasilkan pada tahun pertama atau kedua tidak terlalu banyak, sekitar 5 persen. Tetapi efisiensi pada tahun berikutnya akan terus meningkat.

Lebih lanjut ia menyebutkan, pasar dari produk ini adalah perusahaan listrik serta turunannya dan perusahaan-perusahaan minyak dan gas baik perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Perusahaan tambang juga dinilai sebagai peluang. Di tengah kebutuhan listrik yang besar, saat ini banyak perusahaan tambang yang kemudian juga menjual listrik sehingga hal ini menjadi peluang tersendiri. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)