Delta Djakarta Anggarkan Rp 30 Miliar untuk Produksi Minuman Non Alkohol

Brand Anker Bir selalu memberi kontribusi terbesar terhadap pendapatan PT Delta Djakarta Tbk. Tahun lalu, sumbangan minuman beralkohol ini terhadap perseroan mencapai 80%. Di 2013 ini, perseroan berencana membeli satu mesin baru senilai Rp 30 miliar yang khusus memproduksi minuman non alkohol.

Delta Djakarta memproduksi dan mendistribusikan minuman beralkohol Anker Bir, Anker Stout, Carlsberg, San Miguel dan Kuda Putih. Perusahaan yang berdiri 75 tahun lalu ini juga bermain di industri minuman non alkohol dengan brand Sodaku.

“Kapasitas produksi minuman non alkohol Sodaku jika dibandingkan dengan produksi minuman alkohol kami masih di kisaran 1%-2%. Belum ada rencana penambahan kapasitas produksi moniman non alkohol, tapi kami ada berencana menyisihkan sebagian dana capex sekitar Rp 20-30 miliar untuk membeli mesin baru yang memproduksi Sodaku ,” ujar Allan Fernandez, Direktur Keuangan PT Delta Djakarta, di Jakarta, Kamis (30/5).

Penambahan mesin tersebut bukan ditujukan untuk menambah kapasitas produksi perseroan, namun hanya sebatas untuk pemisahan produksi antara alkohol dan non alkohol terkait aturan pemerintah.

Saat ini kapasitas produksi terpasang perseroan mencapai 1 juta hektoliter per tahun. Angka 1 juta hektoliter per tahun itu kapasitas terpasang secara total antara alkohol dan non-alkohol.

Tahun 2013 ini perseroan menganggarkan Rp 50-55 miliar untuk capex (belanja modal) yang bersumber dari kas internal. Selain membeli mesin baru untuk Sodaku, capex juga akan digunakan untuk kegiatan operasional dan ekspansi distribusi.

“Kami sedang berbicara dengan Departemen Perindustrian tentang kemungkinan ekspansi distribusi, saat ini pembicaraan masih berlangsung,” katanya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)