Demi Dana Murah, BII Buka 85 Kantor Cabang Baru

Perbankan berlomba-lomba untuk mengumpulkan dana murah yang bersumber dari tabungan dan giro.  Sebab bunga yang dibayarkan bank kepada nasabah sangat rendah, sehingga biaya dananya ikut murah. Selain itu, bank memperoleh komisi dari transaksi yang dilakukan pemilik rekening tabungan dan giro.

Salah satu bank yang fokus menggenjot dana murah, yakni PT Bank Internasional Indonesia Tbk. (BII). Bank yang mayoritas sahamnya dipegang oleh Malayan Banking Bhd (Maybank) ini bakal membuka 85 cabang baru. Tiap-tiap cabang nantinya akan didorong produktivitasnya dalam menghimpun dana pihak ketiga (DPK), terutama melalui produk tabungan dan giro.

BII menargetkan pertumbuhan DPK di tahun ini berada di atas rata-rata industri yang diperkirakan sebesar 16% di 2013. "Target DPK kami tumbuh sekitar 20%," kata Presiden Direktur BII, Dato Khairussaleh Ramli di Jakarta, Senin (22/4).

Saat ini BII memiliki 414 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, dan 1 cabang luar negeri di Mauritius. “Sesuai kebijakan perseroan, maka dalam dua tahun ke depan kami setidaknya akan memiliki total 500 kantor cabang.

Cabang baru nantinya tak hanya disebar di luar Pulau Jawa, namun merata, termasuk Indonesia timur.  Ini sejalan dengan strategi perseroan yang ingin meningkatkan porsi penyaluran kredit, terutama untuk kredit segmen small medium enterprise yang sedang berkembang pesat di seluruh wilayah negeri ini. “Kami tak hanya fokus di produk, tapi juga segmen, terutama SME yang sedang tumbuh pesat.

BII juga berencana mengaktifkan kembali kantor cabangnya di Mumbai, India. Cabang ini sempat terhenti kegiatan operasinya, namun Juni tahun ini diperkirakan sudah aktif kembali. Setidaknya BII harus merogoh US$ 25 juta untuk cabang di Mumbai, dengan estimasi BEP 18-20 bulan.

“Kenapa kami pilih Mumbai, karena banyak perusahaan di wilayah Asia Tenggara yang melakukan transaksi bisnis ke sana,” jelas Dato Khairussaleh. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)