Deretan Merek Astra Penguasa Pasar, Apa Saja?

Ekonomi memang masih belum menentu. Kinerja PT Astra International Tbk (ASII) tak cukup bagus sepanjang tahun lalu. Tapi, konglomerasi kebanggaan Indonesia itu masih punya sederet amunisi terbaik untuk mengatrol profit mereka pada tahun ini. Beberapa merek Grup Astra masih menjadi penguasa pasar hingga kini. Siapa saja?

Ada Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, dan Daihatsu Xenia di kategori mobil. Honda Scooter dan Cub di kategori motor. Di bidang asuransi, Astra memiliki Garda Oto untuk menunjang sektor otomotif. “Di sektor otomotif, Astra menguasai pangsa pasar mobil sebesar 50,3% dan di sepeda motor sebesar 68,7% pada tahun 2015,” kata Presiden Direktur ASII, Prijono Sugiarto.

Di sektor alat berat, lanjut dia, Astra juga punya produk andalan yaitu Komatsu yang menguasai 37% pangsa pasar alat berat di Indonesia. Kemudian, ada Fuji Xerox keluaran Astra Graphia untuk mesin fotokopi dan printer dalam kategori Document Solution. “Kami punya produk andalan di sektor otomotif maupun non otomotif,” katanya.

Prijono Sugiarto, CEO PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, CEO PT Astra International Tbk

Menurut Prijono, Grup Astra telah menjelma menjadi konglomerasi yang sehat dan kuat selama lebih dari 50 tahun. Hal itu tak bisa dilepaskan dari pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan dari sisi pendapatan maupun profitabilitas, sehingga tercipta neraca dan arus kas yang sehat. Kemudian, diversifikasi bisnis juga harus berkelanjutan seiring penyediaan sumber daya manusia yang berkesinambungan.

“Jaringan harus kuat dengan tingkat penetrasi pelanggan yang terus meningkat. Terus berinovasi untuk meraih peluang dan siap menghadapi tantangan bisnis, serta manajemen dan tata kelola perusahaan yang baik,” katanya.

Dia menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dimiliki untuk bisa tumbuh menjadi grup usaha yang besar dan kuat. Seperti, budaya perusahaan yang kuat, sumber daya manusia yang andal, sistem yang baik dan dijalankan secara konsisten dan persisten, semangat inovasi yang berkelanjutan. “Sumber daya dan kinerja keuangan yang solid dan tingkat kepuasan pelanggan yang optimal,” ujarnya. (Reportase: Arie Liliyah)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)