Desain Reward BCA Bikin Karyawan Betah

Banyak perusahaan menawarkan penghargaan (reward) dalam bentuk uang tunai untuk memikat karyawan. Nyatanya, Bank Central Asia Tbk sukses menjaga loyalitas karyawannya dengan kompensasi yang sifatnya nontunai.

“Bicara reward atau kompensasi itu tidak melulu uang. Ternyata, ada banyak jenisnya. Penghargaan berupa finansial kami selalu melakukan survei dan konsultasi ke lembaga manajemen supaya tahu posisi kami di mana, agar kami tidak tertinggal,” kata Direktur Kepatuhan BCA, Subur Tan.

Tapi, kompensasi yang sifatnya nonfinansial juga mendapat perhatian utama. Kalau berbentuk uang, kompetitor bisa memberi iming-iming jumlah yang jauh lebih besar untuk “membajak” karyawan. Lain halnya dengan kompensasi nontunai yang sifatnya lebih untuk mengambil hati karyawan untuk lebih mencintai perusahaan.

“Bagi banyak karyawan, bekerja itu untuk aktualisasi diri. Makanya, kami memberikan reward non finansial berupa training. Kami punya training center bagus, yang lebih besar lagi tengah dibangun di Sentul seluas 5 ha yang akan dijadikan Corporate University-nya BCA,” katanya.

GM Human Capital Management Division BCA, Lianawaty Suwono bersama tim. GM Human Capital Management Division BCA, Lianawaty Suwono bersama tim.

Tak hanya itu, ada juga tawaran pelatihan di luar negeri. Materi pelatihan pun beragam disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Ada yang untuk meningkatkan skill, soft skill, dan juga tema lain yang menarik seperti keluarga, individu, kesehatan, serta kelancaran pekerjaan.

“Yang juga penting adalah kami memastikan jenjang karier mereka jelas (Talent Mapping). Jadi, mereka tahu sudah ada di posisi mana dan dalam tahap apa. Kami transparan. Sebagai individu, kami juga take care dengan keluarga mereka,” katanya.

Tak heran, tingkat turn over karyawan di BCA di bawah 3%, jauh lebih rendah daripada rata-rata industri yang mencapai 16%. Perseroan juga rutin melakukan survei engagement untuk melihat sejauh mana sense of belonging karyawan terhadap perusahaan.

“Kami dapat penghargaan dari Gallup, perusahaan konsultan untuk manajemen, service, dan employee engagement. Kami satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang menang masuk 40 besar dari 1.600 perusahaan yang masuk nominasi,” ujar GM Human Capital Management Division BCA, Lianawaty Suwono.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)