Listed Articles Management Strategy

Dole Siap Bersaing di Industri Makan Minum Indonesia

Dole Siap Bersaing di Industri Makan Minum Indonesia

Jumlah pasar yang besar dan meningkatnya pertumbuhan sektor makanan dan minuman di Indonesia membuat produsen makanan dan minuman (mamin) asing datang ke Indonesia. Salah satu produk mamin tersebut adalah Dole, yang baru saja meluncurkan produknya untuk pertama kali di Indonesia.

Country Commercial Director Dole Asia, Syarifuddin Saide mengatakan bahwa kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki rutinitas padat membuat industri makanan dan minuman mengalami permintaan cukup besar. “Pertumbuhan kalangan ekonomi menengah, kebutuhan makanan dan minuman juga meningkat. Ini yang menjadi latar belakang Dole hadir di Indonesia,” papar Syarifuddin.

Dole Makanan

Dole meluncurkan dua jenis produk yaitu minuman siap saji dan buah kalengan. Varian rasa sendiri yang baru diluncurkan terdapat tiga jenis yaitu, pineapple chunk, tropical fruit dan mango mambo juice. “Ini kami pilih karena rasa dari produk tersebut sangat cocok dengan kondisi iklim di Indonesia,” tambah Syarifuddin.

Dole bekerja sama dengan PT Hero Supermarket Tbk untuk memasarkan produknya. Saat ini, produk tersebut sudah dipasarkan di 290 swalayan wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi. Syarifuddin mengungkapakan hingga Maret nanti, produk ini sudah mulai dipasarkan ke seluruh Pulau Jawa dan Bali. “Target kami juga akan bekerja sama dengan convenience store lain untuk memasarkan produk ini. Dan juga bekerjasama dengan 29 retailer lain,” papar Syarifuddin.

Selain memasarkan dalam bentuk kemasan, Dole juga berencana bekerjasama dengan industri makanan dalam memasok bahan baku makanannya. “Ini sudah kami lakukan di negara lain, kami bekerjasama dengan usaha makanan lain seperti pizza,” ungkapnya. Selain itu, Dole juga berencana menambah jenis produk dan varian rasanya seperti, makanan ringan dan buah kalengan.

Dole merupakan perusahaan produk makanan dan minuman dengan rasa buah yang didirikan di Hawai. Selain Indonesia, Dole sebelumnya sudah merambah pasar di 90 negara. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved