Dorong Generasi Pencipta Lapangan Kerja, GSEA 2013 Digelar

Para mahasiswa yang sudah mempunyai usaha dan tergabung dalam Entrepreneurs’ Organization Indonesia dapat mengikuti kompetisi kewirausahaan tingkat global, yaitu Global Student Entrepreneur Awards (GSEA) 2013. Bagi peserta, memiliki usaha yang sudah membuahkan laba menjadi syarat utama. Panitia juga mempertimbangkan jenis usaha yang bisa dikembangkan skalanya.

Para Mentor Entrepreneurs' Organization Indonesia: (ki-ka) Sanjay Bhojwani (Owner GOLO Store), Rachmat Harsono (COO Aneka Gas), Hendy Setiono (CEO Baba Rafi Enterprise), Ivan Kamadjaja (CEO Kamadjaja Logistics)

Menurut Ketua Penyelenggara GSEA Indonesia, Hendy Setiono, pendaftaran kompetisi wirausaha ini sama sekali tidak dipungut biaya. “Untuk bisa mengikuti kompetisi ini, mahasiswa yang mendaftar harus aktif terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi yang berada di Indonesia, berperan sebagai pendiri atau pemilik atau pemegang saham, bertanggung jawab dalam mengelola usaha yang didirikannya untuk mencari keuntungan, dan usaha sudah berjalan minimal enam bulan berturut-turut.”, ujarnya. Pendaftaran telah dibuka sejak bulan Mei sampai tanggal 1 September 2013.

Setelah melalui seleksi, 10 finalis terpilih akan mengikuti grand final tingkat nasional pada tanggal 27-28 September 2013. Mereka akan mempresentasikan usahanya di hadapan dewan juri yang juga tergabung dalam Entrepreneurs’ Organization Indonesia. Sepuluh finalis tersebut juga berkesempatan mendapatkan peer-to-peer mentoring bersama para dewan juri. Lima pemenang tingkat nasional yang terpilih akan mengikuti kompetisi tingkat regional di Kuala Lumpur, Malaysia, pada bulan Oktober 2013.

Dalam kompetisi tingkat regional, akan dipilih satu wakil dari Indonesia untuk mengkuti kompetisi tingkat global di Washington D.C., Amerika Serikat, pada bulan November 2013. Satu pemenang dari Indonesia akan berkompetisi dengan pemenang dari 30 negara/regional lainnya. Pemenang utama akan diganjar hadiah sebesar US$ 100.000.

Ajang GSEA sudah diadakan sejak tahun 1998. Penyelenggaran GSEA 2013 di Indonesia merupakan kontribusi Entrepreneurs’ Organization Indonesia untuk menumbuhkan kewirausahaan dan UKM di Indonesia.

Bagi mantan Presiden Entrepreneurs’ Organization Indonesia periode 2012-2013, Rachmat Harsono, penyelenggaraan GSEA mempunyai misi untuk menginspirasi generasi muda Indonesia supaya menjadi generasi pencipta lapangan pekerjaan. “Lebih dari sekedar menjalankan usaha demi mengejar keuntungan, diharapkan mereka dapat menerapkan inovasi, etika bisnis, dan tanggung jawab sosial, " tegas Rachmat. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)