Management Strategy

Dua Diler Sun Motor Menyabet Penghargaan dari ATPM Mitsubishi

Dua Diler Sun Motor Menyabet Penghargaan dari ATPM Mitsubishi

PT Sun Star Motor, diler mobil Mitsubishi yang berada di bawah naungan Grup Sun Motor, menyabet penghargaan The Best MMC CS Performance dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi. Sun Star Motor yang berlokasi di Semarang , Jawa Tengah dinilai KTB sebagai diler terbaik memberikan pelayanan konsumen Mitsubishi di Jawa Tengah.

Imelda Sundoro Hosea, pendiri sekaligus Presiden Komisaris Grup Sun Motor, menyebutkan, dealer Sun Star Motor di Jawa Tengah memiliki moto melayani konsumen dengan sepenuh hati. Setiap tenaga penjualan di diler tersebut dibekali pengetahuan produk dan ketrampilan yang memadai untuk melayani konsumennya. “Sales di dealer itu memiliki 60 orang, mereka kami berikan pelatihan setiap seminggu sekali,” tutur Imelda di Jakarta pada pekan lalu.

Selain itu, setiap tenaga penjualan harus menjunjung tinggi integritas, mengutamakan kualitas pelayanan, dan menepati semua kebutuhan yang dituntut konsumennya. “Misalnya jadwal pengiriman harus tepat waktu. Itu yang kami lakukan kepada pelangggan, harus tepat waktu mengirimkan mobil Mitsubishi sesuai pemesanan konsumen,” tandasnya. ATPM Mitsubishi mengedepankan kepuasan para pelanggan sebagai jaminan mutlak dari pelayanan. Jadi, Mitsubishi menjual produk-produknya sekaligus memenuhi kepuasan para konsumen

Adapun, cikal bakal Sun Motor lahir pada 1974 di Solo, Jawa Tengah dengan nama UD Sun Motor. Awalnya, bisnis yang digarap Sun Motor adalah menyediakan layanan kredit mobil di beberapa kota di Jawa Tengah. Usahanya berkembang menjadi dealer besar mobil dan sepeda motor, bahkan merambah bisnis properti. Sampai saat ini Sun Motor telah dipercaya oleh para ATPM yang menjadi pemain utama dalam bisnis otomotif di Indonesia. Sebanyak 25 cabang penjualannya tersebar di Jakarta, Surabaya Semarang, Solo, Malang Denpasar, dan kota-kota besar lainnya.

Imleda

Misi Grup Sun Motor adalah menjadi perusahaan yang memenuhi kebutuhan pelanggan, mengutamakan manajemen yang profesional dan berintegritas, mengembangkan sumber daya manusia (SDM) serta memberi penghargaan atas prestasi kerja, mengembangkan budaya inovatif, dan menerapkan tata kelola perusahaan yang baik. Oleh karena itu, Imelda selalu menekankan nilai-nilai profesionalisme , integritas dan kerjasama tim untuk memuaskan pelanggannya. Selain menjual kendaraan beroda empat, Grup Sun Motor juga menjual sepeda motor. Perusahaan menyediakan layanan purna jual yang meliputi suku cadanga dan jaringan bengkel di daerah operasionalnya.

PT Sun Star Prima Motor, dealer Grup Sun Motor di Jakarta juga diganjar penghargaan kategori penjualan Light Commercial Vehicle (kendaraan niaga ringan) Mitsubishi. “Penjualan kendaraan komersil Mitsubishi di Jakarta yang di tahun lalu terdiri dari Mitsubishi L300, Traiton dan T120,” kata Imelda. Menurut Imelda target Grup Sun Motor di tahun 2016 untuk menjual kendaraan niaga ringan Mitsubishi diharapkan bisa mencapai 7.500 unit. “Kami ingin dealer-dealer Sun Motor bisa mencapai target penjualan kendaraan niaga Mitsubishi di tahun ini tumbuh 5% dari pencapaian tahun lalu,” ungkapnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, total penjualan kendaraan niaga pada 2015 menyusut hingga 32% dibandingkan tahun 2014, dengan volume unit yang terjual sebanyak 82.456 unit. Di sisi lain, KTB membukukan penjualan kendaraan niaga yang cukup membanggkan. Ini terlihat dari penjualan Mitsubishi Fuso yang mendominasi pangsa pasar menjadi 47% atau setara dengan 38.586 unit. Pangsa pasar Colt Diesel di kelas light duty truck (LDT) naik menjadi 54,8% pada 2015 dibandingkan tahun lalu sebesar 54,1%. Demikian juga Fuso di kelas medium duty truck (MDT) pangsa pasarnya juga naik menjadi 23,8% ditahun 2015 sedangkan tahun 2014 sebesar 22,1%. Hal ini semakin mengokohkan Mitsubishi Fuso sebagai market leader yang tak tergoyahkan selama 45 tahun.

Kenaikan secara volume terlihat dari produk New Fuso yang meningkat tajam hingga 54% di tahun 2015. Dengan desain produk yang modern dan ekonomis, konsumen dapat memajukan usaha serta bisnisnya. Ini membuktikan New Fuso mendapat respon yang positif dari para pelaku usaha, terbukti kehandalannya dalam mendukung usaha para pelanggan, dan terbukti produk ini mampu mendongkrak pangsa pasar di segmen MDT sebesar 1,7% dimana tahun 2015 pangsa pasarnya sebesar 23,8% sedangkan tahun 2014 sebesar 22,1%.

Hisashi Ishimaki , Presiden Direktur KTB, menyebutkan pihaknya ingin mempertahankan dan meneruskan standar kualitas yang lebih baik lagi, sehingga langkah yang dijalankan perusahaanya tepat sasaran dan sesuai dengan keinginan konsumen. Untuk tahun 2016, KTB optimistis penjualan Mitsubishi akan terkerek, khususnya kendaraan niaga seiring dengan program pembangunan infrastruktur. “Untuk layanan pascajual, KTB termasuk yang terdepan yang mengusung konsep Zero Downtime, atau layanan 24 jam/365 hari,” kata Ishimaki kepada Majalah SWA beberapa waktu lalu.

The Best 3S

Selain delar Grup Sun Motor, dealer Mitsubishi lainnya juga menyabet penghargaan dari KTB. Salah satunya adalah PT Dwindo Berlian Samjaya yang diganjar penghargaan The Best MMC-3S Dealer. Ini merupakan penghargaan prestisius lantaran penilaiannya mencakup aspek sales, service, and spare part alias 3S (penjualan, pelayanan purna jual, dan suku cadang). Pelayanan khas sales dan aftersales service di Mitsubishi mengedepankan kepuasan para pelanggan sebagai bagian dari semangat dan komitmen prinsipil Mitsubishi yang tidak sekedar menjual produk, namun juga memberikan kepuasan kepada konsumennya.

Suriadi Lau , Manajer Cabang Dwindo Berlian Samjaya, mengemukakan perusahaanya beroperasi sejak 15 tahun yang lalu. Saat ini, Dwindo Berlian Samjaya memiliki cabang penjualan di Jakarta Timur dan Bintaro, Tangerang. Dealer Dwindo Berlian Samjaya di Jakarta Timur beroperasi sejak Mei 2013. Pencapaian perusahaanya, menurut Suriadi, merupakan hasil dari kerja sama tim dan tekad manajemen mencapai target penjualan yang diberikan KTB. “Dealer kami solid di tiga aspek yaitu sales, service dan spare part. Kami sejak jauh hari-hari meningkatkan kualitas SDM yaitu memberikan pelatihan setiap hari Rabu kepada 50 tenaga penjual,” jelas Suriadi. Materi yang diberikan antara lain cara merespons perminataan atau pertanyaan konsumen, gaya berpakaian, berkomunikasi, hingga pengetahuan produk mobil-mobil Mitsubishi. “Intinya kami tidak ingin merugikan konsumen,” pungkasnya. (***)

Reportase : Arie Liliyah


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved