Management Technology Strategy

Dukung Desa Wisata, Telkom Kembangkan Marketplace

Dukung Desa Wisata, Telkom Kembangkan Marketplace

Meski memiliki banyak tempat wisata, tidak semua destinasi menarik di Indonesia mudah terjamah. Sebagian besar pelacong hanya mengenal Bali, Lombok dan Yogyakarta. Kondisi tersebut membuat destinasi lain kurang diminati karena minimnya informasi. Untuk memecahkan masalah tersebut, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengembangkan Marketplace Desa Wisata yang dapat diakses secara online dari seluruh dunia.

Perusahaan plat merah ini menggandeng Via.com sebagai mitra yang sudah berkecimpung di industri travel lebih kurang 13 tahun, yang saat ini merupakan agen wisata terbesar di Asia yang bergerak dalam bisnis travel online. Selain itu, perusahaan tersebut memiliki jaringan kemitraan bersama 20.000 agen wisata yang tersebar di India, Philipina, Indonesia, Brazil, Afrika Selatan, Singapura dan Korea Selatan.

desawisata

“Langkah ini membuktikan komitmen Telkom untuk serius menggarap dan mengembangkan industri parawisata di Indonesia terutama memajukan Masyarakat Desa Wisata. Dengan kerja sama pengembangan portal market place ini maka akan memungkinkan komunitas dalam ekosistem desa wisata terhubung dan saling memberikan value,” kata Agus F. Abdillah, Deputy EGM Telkom Divisi Solution Convergence.

Agus mengklaim, Marketplace pariwisata ini merupakan satu-satunya marketplace di mana masyarakat dapat menemukan paket wisata yang unik dan menarik sesuai keinginannya, baik akomodasi maupun transportasi. Proyek ini diharapkan siap beroperasi di triwulan pertama tahun 2014.

“Lokasi yang jauh dan tersembunyi serta keterbatasan informasi menyebabkan tempat-tempat wisata tersebut tidak dikenal sehingga daya tariknya belum diketahui oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Padahal Indonesia sangat kaya akan tempat-tempat wisata,” Agus menambahkan.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menargetkan pengembangan 2000 desa sebagai desa wisata melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pariwisata. Target tersebut diharapkan terealisasi pada tahun 2014 mendatang. Sampai dengan akhir 2013, sudah terdapat sekitar 1400 desa wisata di seluruh Indonesia.

“Dengan adanya Marketplace ini, Masyarakat Desa Wisata akan tumbuh dan menemukan potensinya di pasar regional dan global, dan pada akhirnya diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian daerah sekitarnya,”harap Agus. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved