Dukung Industri Kreatif, Printerous Gandeng Seniman Lokal

Printerous 3

Saat ini, seni kian dekat dengan keseharian masyarakat. Seni tidak lagi dinilai sebagai sesuatu yang eksklusif dan hanya dimiliki oleh orang tertentu saja, tetapi lebih kepada pemenuhan terhadap kepuasan pribadi. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya benda atau momen yang terlihat artistik, diabadikan oleh masing masing individu.

Fotografi bukan hanya milik fotografer profesional. Demikian pula dengan desain interior serta fashion bukan hanya milik profesional yang bergerak di bidangnya. Semua kalangan bisa menikmati seni sesuai dengan keinginannya, termasuk seniman lokal.

Berangkat dari hal tersebut, Printerous meluncurkan Printerous Shop. Ini merupakan fitur baru yang ada di Printerous.com dan nenjadj wadah seniman lokal untuk menghadirkan produk-produluk kreatif.

"Kini seni dapat dinikmati oleh siapa saja. Sebenarnya semua orang memiliki nilai seni, hanya saja tolak ukurnya berbeda.  Buktinya, di sosial media masyarakat bisa dengan mudah mengekspresikan nilai seni yang dimiliki seseorang. Seperti di Instagram, banyak sekali orang orang yang bagus mengambil foto. Padahal yang bersangkutan bukan fotografer profesional," ujar Diana Rikasari, Fashion Designer.

Kehadiran Printerous Shop bertujuan untuk memudahkan para penikmat seni untuk menentukan karya karya seniman lokal terbaik dimana produknya sudah diaplikasikan ke kanvas, framed art, iPhone cases, throw pillows, motebook,ipad casses,macbook skins, tote bags, greeting card, dan t-shirt.

"Printerous Shop dapat menjadi opsi pemasaran alternatif bagi seniman untuk mengeksplorasi karyanya dan menambah pendapatan," ucap Kevin Osmond, pendiri Printerous. Kesadaran akan bervariasinya selera akan seni dari setiap masyarakat juga menjadi pemicu Printerous untuk mengadakan Printerous Shop ini. Dan tentu saja hal ini bukan perkara yang mudah.

“Kami mengerti selera dan tingginya permintaan pasar akan barang-barang bercita rasa seni, dan itu tidak mudah dijembatani, maka di era digital ini, Printerous Shop mempermudah hal tersebut.. Membudayakan apreasiasi seni lokal bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu yang
lama hingga kita pada akhirnya berada pada posisi ini, yakni di masyarakat kita sendiri untuk secara dominan mulai memperlihatkan keinginan untuk memiliki sebuah karya seni lokal,.” tambah Kevin.

Hal ini didukung oleh Ykha Amelz, seotang desainer yang karyanya sudah malang melintang di Indonesia. Ia menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali seniman muda yang tidak memiliki wadah untuk mempublikasikan karya mereka agar lebih diapresiasi oleh Masyarakat. Oleh itu, Fitur Printerous amat membantu bagi para seniman lokal untuk memperkenalkan serta menjual karya mereka.

"Saya sendiri menyukai banyaknya seniman-seniman muda Indonesia berbakat yang bermunculan, dan saya memiliki minat untuk mengkoleksi karya mereka. Namun banyak yang belum mengetahui cara mempublikasikan atau memproduksi karyanya dengan baik. Menurut saya Printerous adalah salah satu wadah yang cocok untuk mengatasi masalah ini. Saya bergabung dengan Printerous karena mereka mempermudah proses pengemasan sebuah karya dan bisa menjadi jembatan bagi penggemar seni dan senimannya," dia menjelaskan..

Tidak hanya menjual karya seni yang sudah jadi, Printerous juga hadir untuk memuaskan dan mengasah kreativitas banyak orang. Dengan layanan cetak Printerous yang bisa diakses lewat printerous.com, para pelanggan bisa membuat sendiri berbagai produk unik dengan sentuhan spesial; mengabadikan momen-momen berharga dalam hidup yang diambil melalui kamera dan diaplikasikan pada media lainnya.

Triawan Munaf, Head Of Creative Economic Agency menambahkan bahwa peluang Industri kreatif masih sangat besar untuk berkembang. Selain pasarnya masih terbuka lebar, kesempatan Industri kreatif dapat memperbaiki keadaan ekonomi serta mendorong orang untuk lebih mengolah ide mereka.

Usaha independen berpeluang untuk meningkatkan kondisi ekonomi. Untuk mendukung mereka yang memiliki jiwa entrepreneurial dan secara kreatif membangun bisnis. Pada saat yang bersamaan, Printerous juga memajukan bakat-bakat artis lokal dan membawanya ke pasar dunia. Ide bisnis berbasis teknologi seperti ini, sesederhana apapun, bila berjalan dngan lancar dan didukung masyarakat, pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan dan memajukan ekonomi bangsa,

Pada akhirnya, Printerous berharap sepak terjangnya dapat mendukung penuh segala bentuk kreativitas personal, karya-karya seni terbaik anak bangsa, dan menjembatani proses kreatif semua insan.

“Impian saya, agar dapat menggaet seniman lokal agar karyanya dapat diterima secara global,” kata Kevin, (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)