Dukung Pembiayaan Rantai Pasok, BII Luncurkan CoOLPay2 dan Kartu BII Sinergi

PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) meluncurkan Corporate Online Payment 2 (CoOLPay2) dan Kartu BII Sinergi sebagai dukungan kepada komunitas bisnis dari berbagai industri dengan skema pembiayaan rantai pasok (supply chain financing). Hal ini salah satunya bertujuan untuk mewujudkan cashless society (masyarakat nirkas/non-tunai). Sementara, untuk memperluas akses pembiayaan dan meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan nasabah, khususnya pelaku UMKM, pengembangan fitur CoOLPay2 dan BII Sinergi tersebut dilakukan dengan pendekatan pada Perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau dikenal dengan Enterprise Resources Planning (ERP).

“Melalui pendekatan ini, proses bisnis nasabah diharapkan dapat terintegrasi sehingga efisiensi menjadi optimal. Lalu dengan fitur ini, nasabah dapat berkonsentrasi melakukan pengembangan bisnis dengan lebih maksimal,” kata Dato’ Khairussaleh Ramli, Presiden Direktur BII, dalam siaran persnya kepada Swa Online, Jumat (23/8).

BII

 

Pembiayaan berbasis rantai pasok sendiri sudah dirintis BII sejak 2004, dan telah dilakukan pengembangan menggunakan sistem berbasis situs internet pada 2008 dengan menggunakan nama CoOLPay. Sistem tersebut kemudian dikembangkan lebih maju lagi menjadi CoOLPay2, yang mana fitur ini memungkinkan nasabah melakukan pengelolaan piutang dan hutang dagang serta pemantauan arus dokumen dan pembayaran dengan lebih efisien.

 

 

“Pengembangan fitur ini dilakukan seiring dengan meningkatnya kebutuhan nasabah untuk menerapkan konsep Supply Chain Management (SCM) dan ERP di tengah berkembangnya dunia bisnis yang sangat kompetitif,” ujar Khairussaleh.

Di sisi lain, BII Sinergi semakin diperluas saluran transaksinya dalam rangka menciptakan komunitas cashless yang dapat mendukung program pembiayaan rantai pasok. Karena BII Sinergi ini merupakan kartu dengan teknologi chip, yang termasuk produk pembiayaan modal kerja yang menjangkau segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya reseller/retailer/agen yang memiliki akses terbatas terhadap internet. Jadi nasabah tidak perlu membayar dengan uang tunai lagi.

“Kehadiran BII CoOLPay2 dan Kartu BII Sinergi selaras dengan misi kami humanizing financial services, yang mana kami selalu berupaya memberikan akses yang mudah berbentuk layanan dan solusi terbaik untuk mendukung kenyamanan bertransaksi sesuai dengan kebutuhan nasabah dan mitra bisnis kami, khususnya komunitas financial supply chains. Kehadiran dua produk penting ini diharapkan dapat mendukung serangkaian proses bisnis dari hulu hingga hilir sehingga diharapkan juga dapat memiliki andil dalam menggerakkan sektor riil serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional,” papar Khairussaleh.

Selain itu, BII juga menandatangani nota kesepahaman kerjasama strategis di bidang travel agent financing dengan PT Mitra Global Holiday (MG Holiday), salah satu perusahaan yang memegang peranan penting dalam industri pariwisata di Indonesia. Kerja sama ini merupakan komitmen BII dalam mengembangkan pembiayaan ekosistem di industri pariwisata.

MG Holiday merupakan anak perusahaan PT Raja Kamar Internasional (RKI), yang merupakan penyedia layanan reservasi hotel terbesar di Indonesia dengan dukungan 1.800 hotel di Indonesia dan 40.000 hotel mancanegara. Pola kerjasama ini diberikan dalam bentuk fasilitas pembiayaan modal kerja kepada travel agent yang telah menjadi mitra MG Holiday, yakni Panorama Tour, Dwidaya Tour dan Smailing Tour.

“Maraknya pertumbuhan bisnis maskapai penerbangan dan perhotelan berdampak positif bagi industri pariwisata. Pertumbuhan ini juga tidak lepas dari peran kemajuan teknologi yang menyediakan reservasi online. Hal ini perlu diimbangi dengan sistem manajemen operasional yang terintegrasi, sehingga pertumbuhan bisnis diimbangi dengan efisiensi operasional perusahaan. Melalui CoolPay2 dan BII Sinergi, kami menyediakan solusi keuangan end to end yang dapat memenuhi kebutuhan pembiayaan ekosistem berbagai jenis industri termasuk industri pariwisata, di mana saat ini telah lebih dari 3.000 nasabah, mulai dari maskapai penerbangan, perhotelan dan biro perjalanan wisata, telah menggunakan layanan CoolPay,” tambah Jenny Wiriyanto, Direktur Business Banking BII. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)