Dulux Bikin Aplikasi Khusus Pilih Warna Cat

Bagi PT ICI Paints Indonesia (Dulux), kepuasan konsumen sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Karena itu, untuk membangun kepuasan dan loyalitas konsumen di era digital, Dulux tak sekadar memberikan jaminan kualitas, namun juga menyiapkan layanan terbaik. Salah satunya dengan menghadirkan Dulux Visualizer, aplikasi yang memungkinkan konsumen melihat beragam warna cat di dinding hanya dengan mengetuk layar perangkat handphone.

Anastasia Tirtabudi, Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia, mengatakan, tingkat kepuasan pelanggan akan berpengaruh 100% terhadap kinerja penjualan. Apabila mereka tidak puas dengan Dulux, ke depan pada saat mereka melakukan pengecatan lagi mereka akan memilih brand lain. “Karena itu, kami sangat perhatian dan fokus bagaimana kami secara terus menerus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap brand, produk, dan service kami,” kata Anastasia.

dulux

Di era digital, kata dia, konsumen atau pelanggan memang semakin sulit untuk dipuaskan. Namun, era digital juga memungkinkan dilakukannya komunikasi dua arah antara perusahaan penghasil produk dengan konsumennya. “Dulu, setelah ada iklan muncul di televisi, konsumen baru akan tertarik membeli produk, tetapi di era digital meski sudah melihat iklannya di televise mereka masih akan mencari informasi lebih lanjut melalui tulisan di online. Era digital ini sangat menentukan bagaimana arah produk dan komunikasi kepada konsumen untuk ke depannya,” ungkap dia.

Karena itulah, sejak lima tahun lalu, Dulux aktif di sosial media, seperti facebook, twitter, dan instagram, guna mendapatkan input dari konsumen, bahkan Dulux juga memanfaatkan digital agency. Terakhir ini, tepatnya 2014, Dulux merilis aplikasi Dulux Visualizer yang dapat membantu melihat dinding ruangan dalam beragam warna secara langsung. Dengan menggunakan teknologi augmented reality yang unik, konsumen bisa melihat beragam warna cat Dulux di dinding hanya dengan mengetuk layar perangkat handphone. “Konsumen bisa mencoba dengan warna yang lebih berani atau mempersempit pilihan warna melalui aplikasi itu, sehingga konsumen bisa tidak salah dalam pemilihan warna cat,” kata dia.

Dulux, jelas Anastasia, baru saja meng-update aplikasi tersebut dengan meluncurkan fitur video. Konsumen bisa memvideokan ruangannya lalu disimulasikan warnanya melalui aplikasi tersebut. “Aplikasi tersebut untuk mengurangi resiko pemilihan warna. Selain itu kami juga punya tenaga pengecat, kebanyakan konsumen ingin dicat dengan baik sehingga hasil catnya bisa memperindah ruangan konsumen. Kami mempunyai ribuan tenaga pengecat yang merupakan mitra kami,” kata dia.

Upaya tersebut dilakukan tanpa mengesampingkan strategi konvensional dalam menjaga kepuasan pelanggan, yakni inovasi produk. Hanya saja untuk berinovasi, sekali lagi suara konsumen tetap dibutuhkan. Untuk itu, Dulux juga melakukan survei indeks konsumen dan melakukan riset.

“Tahun ini misalnya, kami meluncurkan Dulux Professional, Dulux menawarkan layanan cat dan pelapis terintegrasi bagi para mitra dagang profesional, berupa solusi yang dapat dimodifikasi khusus untuk memenuhi setiap kebutuhan, konsultasi spesifikasi lintas sektoral, dan kategorisasi produk yang lebih konprehensif. Akhir 2015, kami juga meluncurkan Dulux Ambiance yang merupakan cat dinding premium yang tepat bagi konsumen untuk mendapatkan hasil menawan dan elegan di rumah,” jelas dia. (Reportase: Sri Niken Handayani)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!