DV Medika, From Garage to The World dengan Inovasi

Saya percaya setiap perusahaan wajib melakukan inovasi. Bersaing hanya pada harga dan kualitas terkadang bisa sama-sama murahnya dan sama bagusnya dengan kompetitor karena teknologi bisa dibeli. Yang tidak bisa adalah bersaing dalam hal inovasi dan kreativitas,” ungkap Vincentius Lianto, pendiri dan Chairman DV Medika. Karena iu, Lianto selalu mendorong timnya berinisiatif memberikan ide-ide inovasi. “Saya beri kesempatan kepada semua karyawan mengajukan aspirasi. Saya juga beri kesempatan orang untuk berbuat salah, tetapi jangan mengulang kesalahan,” Lianto menjelaskan prinsipnya dalam inovasi.DV Medika

Selama ini DV Medika melakukan inovasi dalam tiga aspek, yakni produk, layanan, dan pemasaran. Untuk produk, pihaknya menginovasi hal sederhana tetapi meaningful. “Di hospital bed, kami sudah aplikasikan desain ergoframe sehingga pasien bisa tetap nyaman berada lama di tempat tidur,” kata Lianto.

Untuk layanan, sejak 2008 pihaknya memastikan bahwa mereka bisa memberikan pelayanan yang out of the box. “DV Medika Siaga 24 Jam” yang menjamin kedatangan teknisi dalam waktu 60 menit sejak panggilan pertama untuk wilayah Denpasar, sudah dijalankan sebelum pemain bisnis sejenis melakukannya.

Dalam memberikan pelayanan, Lianto berprinsip “Berlarilah saat orang belum mengejar kita. Jangan pada saat orang sudah mengejar, kita baru berlari. Kedua, lakukan perubahan pada saat kita sedang berada di posisi yang terbaik, karena pada saat seperti itu kita punya dana, sumber daya yang cukup dan waktu yang cukup untuk melakukan perubahan dan inovasi yang lebih baik.”

Implementasinya, DV Medika selalu memetakan apa saja yang sudah dan belum dilakukan kompetitor serta selalu mengikuti tren pasar. “Kami rencanakan dan lakukan bukan hanya step ahead, tetapi beberapa langkah ke depan lebih cepat,” kata Lianto. Dari sisi tim pemasaran, justru tidak terlalu banyak, tetapi mengandalkan rekomendasi dari klien lama. Dengan prinsip itulah, sejak berdiri 18 tahun lalu dari sebuah garasi rumah kontrakan di Denpasar, kini DV Medika masuk tiga besar bisnis alat-alat kesehatan di Tanah Air dan bersiap menggarap pasar luar negeri. (*)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)