eBay Pangkas 325 Pekerjaan di Unit PayPal

Demi merampingkan divisi pembayaran dan mengakselerasi keluarnya produk baru, eBay Inc (EBAY) berencana memangkas 325 pekerjaan di unit PayPal. Perusahaan pun akan menggelontorkan biaya restrukturisasi sebelum pajak sebesar 15 juta dollar AS.

“Sayangnya, membuat keputusan yang tepat demi pelanggan kami berarti kami harus membuat sejumlah keputusan yang sangat sulit dalam perusahaan kami, “ sebut David Marcus, Presiden PayPal, dalam sebuah blog yang dirilis hari ini, Senin (29/10/2012) waktu setempat.

David, yang baru menjabat sebagai Presiden PayPal sejak April lalu, sudah melakukan sejumlah gebrakan. Ia telah mengkonsolidasikan sembilan kelompok produk menjadi satu. Dia juga mengumumkan sebuah rencana untuk mereorganisasi kantor-kantornya menjadi sebuah lingkungan yang lebih kolaboratif.

Kini, David sedang berusaha merampingkan unit pembayaran yang diakuisi oleh eBay pada tahun 2002 ini. PayPal yang mempunyai 13 ribu karyawan ini harus berkompetisi dengan startups yang bisa memberikan servis lebih efisien, seperti Stripe Inc. dan WePay Inc.

Menurut keterangan dari perusahaan di San Jose, California, PayPal juga menyudahi perjanjian kerja dengan sekitar 120 kontraktor di seluruh dunia. “ Ini adalah sebuah hari yang sulit di PayPal,” tambah David.

Langkah David ini dinilai positif oleh analis. Douglas Greiner, analis di Compass Point Research&Trading LLC, mengatakan, “Itu sebuah tanda yang sehat melihat sebuah perusahaan merasionalisasi operasi-operasi.”

Untuk diketahui saja, pada tahun lalu, PayPal menyumbang 43 persen terhadap pendapatan eBay. Sumbangan itu telah bertumbuh dari 25 persen pada tahun 2007. Tingkat penjualan pun naik 23 persen menjadi 1,37 miliar dollar AS pada kuartal ketiga tahun ini. Namun, pencapaian tersebut lebih sedikit dibanding tahun 2011. Tahun lalu, penjualan bisa naik hingga 32 persen menjadi 1,11 miliar dollar AS pada periode yang sama.

Total volume pembayaran PayPal tumbuh 20 persen menjadi 35,2 miliar dollar AS pada kuartal III-2012. Pada periode itu unit ini mempunyai 117,4 juta user. Ada kenaikan sebanyak 14 persen dari tahun sebelumnya. (Sumber: Bloomberg)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)