Ekonomi Lesu, Bonus Karyawan Diutak-Atik

Dalam kondisi ekonomi yang kurang kondusif seperti saat ini, struktur gaji maupun komponen gaji merupakan keputusan yang memerlukan pertimbangan yang sangat mendalam dan berorientasi jangka panjang.

Konsultan PPM, Rachmi Endrasprihatin mengatakan, pertimbangan utama perusahaan dalam menetapkan rancangan sistem penggajian, temasuk di dalamnya struktur dan komponen gaji, adalah seberapa besar kemampuan perusahaan itu sendiri.

Kondisi eksternal, makro maupun industri memengaruhi kinerja perusahaan yang berdampak terhadap kemampuan perusahaan untuk membayar gaji karyawannya. Biaya pegawai biasanya memakan 20-30% dari total biaya yang dikeluarkan perusahaan.

“Terus terang kami belum melihat munculnya tren-tren terbaru dalam sistem dan struktur penggajian eksekutif atas di Indonesia,” kata dia.

Rachmi Endrasprihatin1.jpg

Saat ekonomi melambat, perusahaan sebaiknya mempertimbangkan memberi porsi yang lebih besar untuk pendapatan yang bersifat variabel dibanding pendapatan tetap yang diterima karyawan, agar tidak memberatkan perusahaan dalam biaya tetap operasionalnya.

Dia menjelaskan, betapapun kecilnya, umumnya perusahaan memberikan kenaikan gaji kepada karyawan setiap tahunnya. Insentif atau bonus adalah pendapatan variabel yang diterima karyawan yang dipengaruhi oleh kinerja dalam periode tertentu.

Hal yang sama berlaku untuk para eksekutif level atas. Dengan menerapkan porsi pendapatan variabel yang lebih besar bagi karyawan dan eksekutif, perusahaan memiliki ruang lebih untuk menjaga keberlangsungan operasionalnya di tengah kondisi ekonomi yang sulit seperti saat ini.

“Bila memang harus dilakukan pemangkasan, langkah yang lebih tepat tentu adalah memangkas sisi pendapatan tetap, yakni gaji pokok dan tunjangan, atau mengurangi jumlah gaji di luar 12 bulan gaji,” kata dia.

Adapun, untuk pendapatan variabel yang muncul dalam bentuk bonus/tantiem, ada baiknya diukur dengan berbasis pada capaian kinerja perusahaan yang sesungguhnya merupakan ukuran keberhasilan para eksekutif dalam mengelola perusahaannya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)