FedEx Optimis Jangkau Pasar SME di Asia

Kemampuan menjangkau pasar yang beragam, memahami kepentingan konsumen yang berbeda-beda serta konektivitas jaringan pengiriman yang luas menjadi kunci utama FedEx, penyedia pelayanan mulai dari transportasi, e-commerce dan jasa bisnis. Tak heran, meski ekonomi global diguncang krisis Eropa, FedEx tetap optimis dengan bisnis mereka Caranya, FedEx enawarkan layanan 'khusus bagi pebisnis kelas kecil dan menengah (Small and Medium Enterprise / SME)

“Memang, Eropa menjadi pasar yang penting bagi kami tapi kami sangat optimis dan percaya dengan kemampuan kami di pasar global apalagi kami salah satu carrier terbesar di dunia. Kami pun tetap berinvestasi di Eropa karena bagaimanapun juga, Eropa merupakan pasar yang penting,” kata Managing Director FedEx Express, Singapura, Clifton Chua. Mengingat FedEx dimulai di Amerika Serikat maka negara adidaya itu masih menjadi fokus perusahaan, dalam lingkup domestik.

“Namun, jika berbicara terkait international shipment, Asia Pasifik memiliki kontribusi paling besar terhadap perusahaan. Apalagi, sekitar 90% sampai 95% pebisnis berasal dari kalangan small and medium enterprise. Mereka kini mampu mencari sumber daya darimanapun dan memiliki pilihan yang luas dalam membeli atau menjangkau pasar. Ini berbeda dengan 10 tahun di mana banyak batasan,” kata Clifton lagi.

Clifton mengklaim, jaringan luas FedEx membuat mereka mampu merespon keadaan apapun, termasuk bencana, dengan cepat dengan jalur udara. Tak hanya itu, FedEx bekerja sama dengan berbagai mitra transportasi darat yang memungkinkan pengiriman dengan cepat. “Selain itu, seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat kini sangat mudah melakukan pemesanan atau pengiriman barang via online. “Di Asia misalnya, kelompok kalangan menengah meningkat pesat dan mereka banyak melakukan pemesanan online,” kata Clifton lagi.

“Di Asia kami fokus dengan small parcel yang memang ditargetkan untuk perusahaan menengah. Kemasan baru yang besar, XL, hadir di layanan ini agar banyak ruang fleksibilitas. Selain itu ada situs yang disertai teknologi yang memungkinkan konsumen mengetahui biaya bea cukai dimanapun. Tak hanya itu, situs tersebut menyediakan informasi waktu yang dibutuhkan untuk barang transit di setiap kawasan,” kata Clifton.

Jika berbicara soal Asia Pasifik, menurut Clifton, kesempatan untuk berkembang pesat sangatlah besar karena banyak perusahaan skala menengah yang ingin menjangkau pasar global, tidak hanya lingkup domestik. Yang menarik, FedEx tidak hanya menawarkan layanan 'biasa'. “Kami menyebutnya sebagai pengiriman unik. Misalnya, pengiriman Panda dari Cina ke Eropa, begitu pula dengan lumba-lumba. Pada Olympic pun, kami mengirimkan kuda untuk perlombaan karena setiap negara menggunakan . Kami mengapalkan benda hidup pula. Kami sangat senang bisa mengirimkan berbagai hal. Selama benda tersebut dapat dimasukkan ke dalam kargo, kami bisa mengirimkannya. Seriously,” kata Clifton lagi sambil tersenyum.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)