Forbis IKPM Siap Fasilitasi Pengusaha dari Pesantren

Agus Maulana (kiri), Ketua Forbis IKPM Agus Maulana (kiri), Ketua Forbis IKPM

Memasuki usia ke-90 tahun, Pondok Modern Darussalam Gontor terus menunjukkan baktinya kepada Ibu Pertiwi. Sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia hingga era reformasi, secara konsisten lembaga pendidikan yang berlokasi di desa Gontor, Ponorogo, Jawa Timur itu tidak lelah mendidik dan melahirkan ribuan alumni yang berkiprah di berbagai profesi diseluruh Nusantara hingga mancanegara.

Selain di sektor pemerintahan dan pendidikan, salah satu kiprah alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yang terus menggeliat adalah di bidang entrepreneurship. Diantaranya produsen boneka, Bonekamu Malang, usaha pupuk dan pakan ternak, Sinar Mentari Blitar, pelopor atraksi burung keliling, D1ms & Odjan Jakarta dan budi daya udang PT Indokom Lampung dan ratusan jenis usaha lainnya.

Baca: D1ms & Odjan Pelopori Atraksi Burung dan Sulap Keliling

Untuk membentuk jaringan pengusaha alumni tersebut, Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM), sebagai rumah besar bagi para alumni Gontor membentuk sebuah wadah bernama Forum Bisnis IKPM. Menurut Agus Maulana, Forbis IKPM secara resmi dikukuhkan pada moment ulang tahun Pondok Modern Darussalam Gontor ke 90 di Ponorogo Jumat, (2/9/2106).

"Tepatnya saat agenda pertemuan lokakarya pengusaha alumni Gontor,  Forbis IKPM resmi diluncurkan," jelas Agus yang ditunjuk sebagai ketua kepada SWA Online lewat surat elektronik yang dikirim beberapa hari yang lalu.

Menurut Agus, secara struktural Forbis IKPM dibawah komando Pengurus Pusat IKPM. Karena itu Forbis IKPM berperan sebagai  pusat informasi, edukasi, mentoring dan sinergi antar pengusaha alumni. Jadi, Forbis IKPM tidak masuk keranah bisnis praktis.

"Biarlah kegiatan bisnis praktis menjadi domain dari individu-individu alumni dengan prinsip-prinsip bisnis professional dan amanah," lanjut alumni Gontor tahun 1992 itu.

Baca juga: Mainan boneka, Syamsul Raup Omzet Miliaran Rupiah

Sebagai langkah nyata turut serta memperbanyak pelaku usaha di Nusantara dari lulusan Pesantren. Dalam waktu dekat ini, Forbis IKPM akan membuat peta potensi alumni yang bergerak di bidang usaha dan menyajikannya secara online dan offline. Dengan begitu, dapat diketahui kiprah alumni di bidang entreprenuership dalam company profile di berbagai belahan dunia.

Sebagai fasilitator, Forbis IKPM akan memfasilitasi pengusaha pemula lewat mentoring dan pembinaan. Sehingga para alumni yang masih merintis usaha, bisa belajar kepada alumni yang sudah mapan dan punya pengalaman dalam bisnis tertentu.

Apalagi di era pasar bebas saat ini, kualifikasi yang memadai dalam bisnis sangat dibutuhkan. Baik yang berkaitan dengan SDM,  management perusahaan, kualitas produk dan penguasaan pasar. Sehingga diharapkan lahir para pengusaha lokal berbasis pendidikan pesantren yang berdaya saing global. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)