Fuelwatch Challenge Terapkan Gaya Mengemudi Hemat Bahan Bakar

Sebanyak 23 pengemudi dari sekitar 23 negara berpartisipasi dalam acara final tingkat dunia Volvo Trucks FuelWatch Challenge. Mereka akan bersaing untuk mengetahui siapa yang dapat mengemudi dengan menggunakan bahan bakar paling efisien pada pertengahan bulan ini. Kompetisi ini adalah satu-satunya yang pernah ada yang terbuka bagi setiap pengemudi truk, terlepas dari truk apapun yang mereka kendarai.

download

"Di acara Fuelwatch Challenge yang diikuti pengemudi, kami ingin mengangkat fakta bahwa pengemudi juga bisa memiliki peran penting dengan cara menerapkan gaya mengemudi yang lebih hemat bahan bakar," ungkap Vesna Jovic, Manager Proyek Program Fuelwatch Challenge, dalam siaran persnya (11/9).

Bisnis transportasi jarak menengah yang normal rata-rata menghabiskan sepertiga biaya operasionalnya untuk pembelian bahan bakar. Dengan berkendara secara efisien, para pengemudi truk dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dan menghasilkan sebuah perbedaan besar dalam hal lingkungan hidup dan efisiensi biaya.

"Kami juga menyadari bahwa hal ini terletak pada keterampilan teknis dimana pengemudi manapun dapat mempelajari dan memberikan perusahaan transportasi jarah menengah-jauh penghematan biaya yang besar untuk jangka panjang," ujar Vesna.

Setelah berlangsungnya beberapa babak penyisihan yang dilaksanakan di seluruh dunia sepanjang musim semi lalu, terpilih 23 finalis yang akan berpartisipasi dalam kompetisi dunia di Gothenburg pada 19 September 2014.

Salah satunya adalah pengemudi asal Indonesia, Kornelius Balaba, yang biasanya mengemudikan Volvo Trucks seri FMX. Ia mengatakan, selama dua tahun terakhir menerima pelatihan dari Volvo Trucks mengenaik teknik mengemudi yang baik, itu dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakan truk yang Ia kendarai.

"Pengetahuan ini saya terapkan dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari dan saat berlangsung penyisihan tingkat nasional Fuelwatch Challenge di Jakarta, dimana saya berhasil mencapai efisiensi bahan bakar terbaik," papar Kornelius. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)