Garuda Gandeng BSM Pembiayaan Deposit Haji dan Umroh

PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) dan Bank Syariah Mandiri (BSM) meneken perjanjian kerja sama fasilitas pembiayaan deposit untuk booking seat dan ticketing bagi para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) untuk pembelian tiket umrah dan haji. Kerja sama ini untuk membantu dan memberdayakan para PPIU dan PIHK melalui bantuan pendanaan di tengah semakin naiknya jumlah jamaah yang melaksanakan umrah dan haji. Direktur Niaga Garuda Indonesia Handayani menuturkan, kerja sama itu juga bagian dari upaya kedua institusi untuk meningkatkan layanan, khususnya PPIU dan PIHK dalam hal pelaksanaan reservasi dan ticketing. Melalui kerja sama ini, BSM memberikan fasilitas pembiayaan deposit atas reservasi tiket serta pembayaran tiket umrah dan haji khusus yang telah confirmed di Garuda Indonesia.

"Kami menyambut baik kerja sama ini mengingat jumlah calon jamaah umrah dan haji khusus semakin meningkat. Kerja sama ini merupakan bentuk peningkatan sinergi kedua belah pihak dan akan membantu likuiditas mitra bisnis Garuda, dalam hal ini para PPIU dan PIHK sehingga dapat meningkatkan lagi dan mengoptimalkan tingkat keterisian kursi Garuda khususnya penerbangan ke Jeddah” kata Handayani dalam rilisnya.

Sementara itu, Direktur Finance & Strategy BSM Agus Dwi Handaya mengatakan, melalui kerja sama ini, BSM ingin meningkatkan potensi bisnis dari aliansi strategis bersama Garuda. ’’Kerja sama ini juga sekaligus untuk mengukuhkan tekad perusahaan menjadi bank haji dan umrah,’’ katanya.

Dalam hal bisnis haji dan umrah, BSM memiliki layanan langsung kepada konsumen ritel melalui produk Tabungan Haji Mabrur, Tabungan Mabrur Junior, dan Pembiayaan Umrah. Selain itu, kepada institusi bisnis dalam hal ini PPIU dan PIHK, BSM memfasilitasi kebutuhan keuangan mereka di dalam melayani jamaah seperti booking hotel, bank garansi, transfer valas, dan yang ditandatangani hari ini yaitu fasilitas deposit booking seat & ticketing. BSM merupakan bank dengan pangsa pasar tertinggi untuk tabungan haji reguler dengan kisaran 29,63% per posisi Maret 2015 dengan jumlah penabung 983.410. Untuk Tabungan haji khusus, pangsa pasar BSM sekitar 32,72% dengan jumlah penabung 74.647.

Saat ini, Garuda Indonesia memiliki 21 penerbangan tiap minggunya ke Jeddah dari Jakarta, Medan, Surabaya dan Makassar. Melalui penerbangan Jakarta-Jeddah yang dilayani 14 kali per minggunya, Garuda Indonesia memperkenalkan layanan first class dengan menggunakan armada terbaru Boeing 777-300ER. Sebagai bentuk apresiasi atas upaya peningkatan pelayanan, pada 2013 lalu, Garuda Indonesia dinobatkan sebagai The Best Airline dalam pelaksanaan penerbangan haji, penghargaan tersebut diberikan oleh Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA) dan King Abdul Aziz International Airport, Jeddah, atas kinerja Garuda Indonesia yang baik selama pelaksanaan penerbangan haji tahun 2012.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)