Gaya Evolusi Komunikasi Ultarajaya dengan Pelanggan

PT Ultrajaya melakukan evolusi komunikasi guna memuaskan para pelanggan, di samping terus menggalang inovasi produk. DI era digital, perilaku konsumen telah mengalami pergeseran sehingga Ultrajaya pun mengubah cara komunikasi dari yang bersifat konvensional menjadi digital, di antarnya dengan membangun website yang tersegmentasi sesuai dengan target pasar yang diharapkan.

Ultrajaya memiliki beberapa website sesuai segmentasi sehingga lebih relevan untuk mengejar target pasar. Untuk kalangan ibu yang mempunyai anak kecil 2-6 tahun dan ingn mencari informasi mengenai asupan nutrisi yang baik berhubungan dengan susu cair, Ultrajaya menyiapkan ultramimi.com. Sedangkan untuk anak SMP dan SMA, Ultrajaya menyediakan UltraMYM.com. Lalu untuk keluarga yang ingin mencari informasi lengkap mengenai nutrisi disiapkan Mymilk.com.

Manajer Pemasaran Ultrajaya, Siska Suryaman Manajer Pemasaran Ultrajaya, Siska Suryaman

Sanfrandy, Dairy Category Manager PT Ultrajaya, menuturkan, platform digital yang dibuat Ultrajaya didesain sedemikian rupa sehingga efisien dalam menyentuh konsumen, karena itu website Utrajaya dibuat berdasarkan segmentasi dengan menyesuaikan kebutuhan konsumennya. “Di era digital, bukan berarti konsumen sulit dipuaskan karena pasti konsumen sendiri mengalami evolusi. Kami pun berevolusi dengan menghadirkan brand secara digital, baik melalui sosial media maupun website. Kami sudah menyiapkan platfrom digital ini sudah dari jauh-jauh hari untuk mengantisipasi pergerseran behavior dari konsumen kami,” ungkap Sanfrandy.

Dia juga mengatakan, di era digital kompetisi juga semakin ketat. Saat ini, konsumen dihadapkan kepada banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini pula yang membuat upaya Ultrajaya dalam menyentuh konsumen harus lebih besar. “Kalau hulu, kami cukup bergerak dengan kualitas produk yang konsisten dan bagus, namun saat ini tidak cukup itu saja, kami harus merangkainya menjadi satu paket untuk memuaskan konsumen, yang artinya sekarang brand tidak hanya harus mempunyai personality yang cocok tapi juga relevan dengan konsumen,” jelas dia.

Ultrajaya juga aktif melakukan kampanye di berbagai sosial media seperti twitter dan instagram, juga media komunikasi konvensional lainnya. Kampanye itu di antaranya Make Your Move yang diluncurkan sejak 2010, program ini merupakan inspiration campaign dari brand untuk menginspirasi anak-anak muda yang menjadi target dari konsumen Ultramilk. Melalui kampanye ini, Ultrajaya mengharapkan konsumen tidak hanya melihat sisi positif brand ini tapi juga mempunyai kepedulian dengan mengajak anak muda untuk menolong sesamanya.

Kampanye lain adalah Ultra Milk Shake to Care yang masih bagian dari kampanye Make Your Move. Ultra Milk menggelar acara Shake to Care Mooore dan donasi yang dikumpulkan dari acara ini disumbangkan melalui iuran Publik Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar. Ultra Milk mengajak remaja Indonesia untuk hidup sehat dan juga peduli terhadap sesama. Donasi yang terkumpul telah mencapai Rp 450 juta. “Ini sejalan dengan visi kami bahwa kepuasan pelanggan adalah prioritas. Dengan konsumen puas, mereka akan merekomendasikan kepada orang lain terjadi life cylce dari produk itu sendiri. Kami juga berinovasi, tahun ini kami memang belum ada produk baru namun tahun sebelumnya kami melakukan peluncuran produk Ultra Mimi, kami sampaikan ke konsumen bahwa susu itu tidak hanya fokus ke rasa cokelat dan strawberry, tetapi ada rasa vanila dan sebagainya,” kata dia. (Reportase: Sri Niken Handayani)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)