Karya Kreatif Dentsu di HUT Kemerdekaan RI ke-70

Dentsu

Industri kreatif merupakan industri sekunder yang memiliki peranan strategis dalam menunjang industri primer. Tak pelak hubungan simbiosis mutualisme pun terjalin dari kedua belah pihak. Tidak hanya memiliki peranan dalam industri primer, industri kreatif juga memiliki andil dalam mendukung reformasi negara.

Dentsu Strat sebagai salah satu pelaku industri kreatif ingin membuktikan kontribusinya di Tanah Air dengan pembuatan logo kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 70 tahun. Berikut pemaparan dari Shafiq Muljanto, Executive Creative Director Dentsu Strat, dalam pembuatan logo kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 70 tahun.

Pesan apa yang ingin disampaikan dari logo kemerdekaan RI ke 70?

Sebenarnya ada dua poin yaitu ide besarnya kami ingin membuat sesuatu yang simpel dan mudah. Kami ingin melaui karya kami yang dihadirkan untuk merayakan hari besar bangsa Indonesia bisa digunakan oleh masyarakat indonesia. Jadilah kami membuat desain sesederhana mungkin yang bisa memberikan semangat besar dengan penggambaran dari burung garuda dan filosofi lingkaran yangmenggambarkan untuk semangat bekerja. Kami berharap desain ini bisa sustain paling tidak untuk satu tahun ke depan bahkan lebih lama lagi.

Apa tujuan dari Dentsu Strat dalam pembuatan logo ini?

Kami tidak pernah memilih-milih project. Tapi kami percaya project di titipkan kepada kami. Untuk project ini merupakan amanah bagi kami. Kami tidak hanya ingin selalu menuntut hak tapi kami juga berkeinginan memberikan sumbangsih bagi negara. Kami ingin memberikan desain yang terbaik untuk negara.

Apa perbedaan dengan logo tahun sebelumnya?

Sebelumnya kami tidak tahu siapa yang membuat. Namun dari segi desain terdapat perbedaan yaitu logo 70 tahun Indonesia merdeka berdesain lingkaran merah dengan angka 70 berwarna putih di dalamnya. Bagian atas angka tujuh berdesain seperti kepala burung garuda. Di atas lingkaran terdapat tulisan Indonesia merdeka sementara di bagian bawah ditulis ‘Ayo Kerja’.

Pembuatan logo ini berdasarkan penunjukan atau tender?

Mandat pembuatan logo ini dari panitia persiapan kemerdekaan Indonesia ke-70 tahun. Ada beberapa sumber yang dipilih. Pada akhirnya kami terpilih atas persetujuan Presiden Jokowi dan Mensesneg. Logo ini sudah digunakan dalam acara menyambut kemerdekaan RI yang akan berlangsung dari Sabang dan penutupan di Merauke. Logo sudah mulai dipakai di beberapa acara.

Berapa biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan logo?

Jika dilihat tidak ada biayanya. Biasanya perusahaan memberikan budget sekitar Rp1-2 miliar. Namun untuk logo kemerdekaan RI ini kami hibahkan untuk negara. Dari awal kami berpikir untuk bisa memberikan kontribusi untuk indonesia. Kami melihat ini sebagai peluang untuk bisa melakukannya.

Berapa lama proses pembuatan logo?

Sekitar dua minggu proses pembuatan.

Siapa saja klien Dentsu Strat?

Kami banyak menangani Gudang Garam dan untuk Honda mobil kami menghandle semua brand kecuali CRV dan Civic. Selain itu PGN, Teh Botol Sosro, Natur E, dan Enervon C.

Bagaimana upaya Dentsu Strat untuk memunculkan ide-ide kreatif?

Kerja bagus akan keluar dari orang-orang yang balance. Untuk memiliki hal yang baru dan kreatif, saya harus memiliki anak muda karena anak muda lebih adaptif yang banyak memikli referensi baru. Yang menarik dalam industri ini yaitu bagaimana melihat balance industri bisnis dan kreatif.

Bagaimana target bisnis Dentsu Strat ?

Kami selalu berusaha membuat good relationship. Kami pernah dalam waktu yang bersamaan kehilangan klien yang bisa dikatakan mendominasi. Tahun ini kami mulai dengan slow. Jadi selama kami bisa berbuat baik kesempatan itu ada. Saya berharap digital itu harus jadi trend of mind semua orang. Semua orang harus berpikir digital. Orang-orang digital hanya akan berperan sebagai produser saja nantinya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)