Grup Karsa ”Menghidupkan” Kembali MTV Indonesia

PT Karsa Ide dan Karya atau Grup Karsa adalah perusahaan iklan dan kreatif yang didirikan oleh Surya Arief Is dan Nungki Soetrisno. Saat ini posisi Surya adalah Presdir dan Nungki sebagai Managing Partner. Keduanya sudah mengenyam pengalaman luar biasa panjang di dunia periklanan.

Surya Arief Is, MTV Indonesia Surya Arief Is, Presiden Direktur MTV Indonesia

“Saya pernah melamar dan wawancara dengan SWA lho, waktu itu baru lulus dari Jurusan Hubungan Internasional Unpad tahun 1990-an Saya ingin sekali masuk majalah ini, karena ayah saya langganan dan saya suka membacanya,” kenang Surya membuka pembicaraan.

Namun nasib membawanya lain. Mengapa tidak jadi jadi masuk SWA? Surya lupa apa alasannya. Sedang Nungki adalah lulusan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UGM 1981.

Keduanya lalu bercerita mengapa grup bisnis yang mereka dirikan tertarik menghidupkan kembali MTV Indonesia.

“Kami orang agensi iklan, pernah satu kantor, bukan mau latah ingin punya perusahaan sendiri, kami ingin membangun nilai yang kami percayai,” kata Surya yang pernah 3 tahun bekerja di Astra International ini. Nungki sudah melanglang buana di periklanan sejak 1989.

MTV-Surya2

Ide membangun bisnis bersama pada 2002. Grup Karsa adalah agensi iklan yang awalnya bernama Neo Indonesia. Itu baru satu. Filosofi Neo Indonesia saat itu, pihaknya tidak mau hanya mengulang pengelolaan klien iklan atau sekadar cut and paste saja. “Bagi kami, tiap klien harus ada treatment berbeda. Tiap case unik, pasti memerlukan solusi yang khusus dan beda. Mungkin sama, tapi harus ada aksentuasi yang berbeda klien satu dengan lainnya,” katanya. Sejak itu bisnis Grup Karsa berkembang. Padahal awalnya bisnis ini dibangun dari satu ruang di apartemen Rasuna dengan lima orang saja.

Yang selalu dipegang teguh di bawah Grup Karsa, adalah setiap orang memiliki ruang untuk berkembang luas. Ia mencontohkan beberapa office boy naik posisi menjadi staf di perusahaannya. Karena pihaknya memandangnya sebagai amanah dari Sang Pencipta, untuk memberikan peluang berkembang.

Halaman Selanjutnya
Ketika set up bisnis ini,...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)