Grup Lion Air Terapkan Konfigurasi Physical Distancing Dalam Kabin

Sistem pengaturan jarak aman di dalam kabin Lion Air Group. (dok. Lion Air)

Grup Lion Air yang menaungi maskapai Lion Air, Wings Air dan Batik Air melakukan langkah preventif dan antisipasi pencegahan penyebaran dampak virus corona dengan menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama pandemi Covid-19 termasuk pengaturan jarak aman antar penumpang (physical distancing) dalam kabin pesawat pada setiap penerbangan.

Langkah tersebut tetap dijalankan sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta komitmen perusahaan maskapai penerbangan itu dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Adapun sistem pengaturan jarak aman dilaksanakan melalui pengaturan jumlah kursi, di mana pada tipe pesawat Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO dan Airbus 320-200NEO pada kelas ekonomi yang berkonfigurasi 3-3, maka khusus kursi di tengah tidak dipergunakan (tanda penunjuk “X”), dengan demikian tamu atau penumpang akan duduk di dekat jendela dan lorong (aisle). Sementara tipe pesawat ATR 72 dan kelas bisnis yang memiliki tata letak kursi 2-2, menggunakan metode saling silang atau zig-zag.

Grup Lion Air telah mengatur sistem pada fasilitas ketika setiap penumpang melakukan pelaporan (check-in) yang tersedia di bandar udara keberangkatan.

“Dengan pengaturan tersebut, maka terdapat jarak aman antar penumpang saat duduk di dalam pesawat. Awak kabin dan petugas layanan darat (ground handling) tetap akan membantu teknis pengaturan jarak ketika berada di kabin pesawat apabila masih terdapat penumpang yang duduk berdekatan,” ujar Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Grup Lion Air dalam keterangan resminya.

Untuk alasan keselamatan dan keseimbangan (weight balance) pesawat saat lepas landas dan mendarat, penumpang dapat dipindahkan sesuai instruksi petugas darat atau awak kabin

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sistem pengaturan tempat duduk bagi penumpang di dalam kabin, di antaranya kursi di baris pintu dan jendela darurat harus terisi sesuai ketentuan tersebut, dengan kriteria dewasa (minimal 18 tahun). Diutamakan untuk penumpang yang tidak bepergian bersama keluarga, memenuhi ketentuan fisik, orang berprofesi militer atau polisi, awak pesawat yang tidak bertugas (crew member) dan memahami instruksi dari awak kabin.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)