Harga BBM Naik Tak Berdampak Signifikan ke Industri?

Dunia industri akan menghadapi tekanan menyusul rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam waktu dekat. Rencana ini telah dipastikan bakal terjadi seiring dengan disahkannya Rancangan Undang-undang APBN-Perubahan 2013 menjadi Undang-undang dalam rapat paripurna DPR yang berlangsung Senin (17/6/2013) malam. Akan tetapi, belum bisa dipastikan, kapan pemerintah akan mengumumkan kenaikan harga BBM.

Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kadin Indonesia

Terhadap kondisi itu, Suryo Bambang Sulisto, Ketua Umum Kadin Indonesia, di sela-sela acara breakfast meeting dengan delegasi Papua Nugini, di Jakarta, Selasa (18/6/2013), menuturkan, industri pasti akan melakukan penyesuaian seiring dengan naiknya harga BBM. “Pasti ada penyesuaian-penyesuaian yang harus dilakukan,” ucapnya.

Penyesuaian yang dilakukan, terang dia, bervariasi tergantung jenis industrinya. Tentu, kenaikan harga BBM bersubsidi akan berdampak besar terhadap industri transportasi. Dan bisa lebih kecil dampaknya di industri lain.

“Kalau bisnis kita di dalam transportasi itu lebih besar dampaknya. Tapi kalau BBM itu dipakai, misalnya, untuk generator, kan porsi daripada listrik dari segi biaya produksi hanya sekitar 15 persen.”

Karena itu, Suryo berpandangan, kenaikan harga BBM tidak berdampak signifikan kalau porsinya hanya sebesar itu. “Kenaikan, misalnya 10 persen dari 15 persen, kan sedikit sekali. Kita musti lihat secara keseluruhan porsi daripada biaya BBM itu berapa persen. Kalau nggak salah sekitar 15 persen dari biaya produksi keseluruhan. Jadi, kalau ada kenaikan harga BBM, misalnya 20 persen, ya 20 persen dari 15 persen. Jadi, tidak terlalu besar, hanya memang perlu penyesuaian-penyesuaian,” terang dia.

Yang penting, menurut dia, bagi dunia usaha adalah adanya kepastian dari pemerintah. Kepastian adalah hal yang krusial bagi pengusaha untuk bisa melakukan penyesuaian kenaikan harga BBM kepada bisnisnya.

“Sudah disampaikan oleh Presiden bahwa kita harus naikkan harga BBM ini. Jadi, saya kira ini soal waktu saja. Bagi dunia usaha kami menginginkan adanya kepastian. Karena tentu kami lebih mudah merencanakan atau menyesuaikan dengan situasi yang baru ini. Ini penting bagi dunia usaha, dan mudah-mudahan tidak dalam waktu yang lama,” dia menegaskan. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)