Himpunan Bengkel Binaan YDBA Semarang Diresmikan

Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) secara resmi telah mensahkan berdirinya Himpunan Bengkel Binaan YDBA (HBBA) Cabang Semarang. Peresmian HBBA ini merupakan yang ke-3 setelah sebelumnya YDBA telah lebih dulu meresmikan di dua kota, Bandung dan Cianjur.

Dengan diresmikannya HBBA Cabang Semarang ini, bengkel-bengkel umum binaan YDBA diharapkan dapat bekerja sama dan bersinergi dalam meningkatkan kinerja bengkel melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi bengkel tersebut. Tidak hanya persoalan teknis perbengkelan, persoalan manajemen perusahaan pun mejadi salah satu fokus dalam program pelatihan dan pembinaan ini.

Selepas acara peresmian tersebut, rombongan YDBA melakukan studi banding ke bengkel roda empat binaan YDBA, yaitu “Bengkel Sinar Barito” yang berlokasi di jalan Soekarno Hatta, Semarang. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melakukan dialog dan sharing perkembangan bengkel, supervisi, evaluasi kinerja bengkel serta penjajakan kerja sama.

Bengkel yang tergabung dalam HBBA saat ini memiliki 70 anggota di seluruh Indonesia. “Pembinaan yang telah diberikan YDBA kepada bengkel-bengkel tersebut melalui pelatihan di antaranya basic mentality, teknik dan manajemen, pendampingan lapangan antara lain aspek lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja (LK3) serta fasilitasi pembiayaan merupakan wujud kepedulian Astra dalam upaya mentransfer pengetahuan, teknologi dan budaya kerja Astra kepada UKM binaan,” jelas F.X. Sri Martono, Ketua Pengurus YDBA, saat acara peresmian HBBA Cabang Semarang, beberapa waktu lalu.

Martono, sapaan akrab Sri Martono, juga mengatakan bahwa pembinaan seperti ini juga dapat membantu para pelaku industri otomotif di Indonesia dalam menghadapi persaingan dalam area perdagangan bebas ASEAN di tahun 2015 nanti. Astra, menurut Martono, melihat adanya peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam era perdagangan bebas tersebut, atau setidaknya tetap menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Selain itu,YDBA merasa dengan adanya program pembinaan seperti ini juga turut memperkuat landasan serta filosofi Astra sebagai perusahaan besar di Indonesia, yang tertuang dalam Catur Dharma Astra.

Pelatihan dan pendampingan ini rencananya akan dilakukan setiap tahun, dan sampai dengan Maret 2012 , lebih dari 130 UKM bengkel roda-4 telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan YDBA. YDBA sendiri bekerjasama dengan PT Toyota Astra Motor (TAM), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Beberapa bengkel binaan, bahkan, telah menjadi bengkel resmi Daihatsu, Isuzu serta rekanan Asuransi Astra dan Trac. (Radito Wicaksono/EVA)

Leave a Reply

1 thought on “Himpunan Bengkel Binaan YDBA Semarang Diresmikan”

HBBA surabaya kapan di syahkan ya... kami tunggu
by pine, 15 Jan 2014, 21:50

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)