Hingga Triwulan III Bisnis EMC Tumbuh 45%

Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia

Bisnis EMC di Indonesia tiga tahun belakangan ini tumbuh cukup signifikan. Hal ini dinyatakan oleh Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia, ketika acara pengumuman kerja sama EMC dengan mitra distributor barunya, ECS Indo Jaya, akhir November lalu. Bahkan pertumbuhan tersebut tiga kali lipat lebih besar dibanding dengan rata-rata pertumbuhan industri TI di Indonesia.

Selama triwulan 1 – triwulan 3 2012, bisnis EMC tumbuh 45% dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Sedangkan pertumbuhan industri TI nasional hanya 15%. “Jadi, kami tumbuh 3 kali lipat dibanding,” tegas Adi ketika itu. Untuk mengelola pertumbuhan yang tinggi dan stabil ini, Adi mengatakan bahwa pihaknya fokus pada penguatan saluran distribusi. Namun, ia juga menambahkan bahwa untuk bisa mempertahankan pertumbuhan, fokus pada penguatan distribusi tidaklah cukup. Mendapatkan talenta terbaik di pasar kerja dan menanamkan trust kepada customer melalui sales force yang dimilikinya adalah hal yang pihaknya lakukan untuk mempertahankan pertumbuhan. Lebih rinci mengenai hal ini, berikut wawancara reporter SWA dengan Country Manager EMC Indonesia, Adi Rusli, akhir Nopember lalu.

Strategi internal apa yang anda lakukan untuk membesarkan EMC di Indonesia?

Dari sisi SDM, kami rekrut the best talent dari pasar untuk bisa bergabung dengan kami. Kami memiliki attractive points, bukan hanya sekedar sebagai leading player di global, tapi juga dari nilai-nilai perusahaan yang kami miliki seperti trust, respect, integrity, team work, dan customer centricity. Nilai-nilai ini yang selalu kami ingatkan setiap saat kepada keryawan kami. Dalam merekrut talenta terbaik, kami melakukan melalui recruiters internal dan eksternal (konsultan). Selain itu kami juga memiliki program yang disebut sebagai employee referrals program. Jadi, karyawan kami bisa merekomendasikan the best talent in market ke divisi SDM kami. Jika setelah proses penyeleksian ternyata lolos, maka kami akan rekrut dia. Dan jika orang itu bertahan setelah 3 bulan, maka karyawan yang merekomendasikan orang itu akan dapat bonus. Program ini akan mendorong karyawan untuk memasukkan the best talent ke perusahaan.

Bagaimana dengan penguatan saluran distribusi?

Terus terang core strategy kami adalah memperkuat channel ecosystem atau infrastruktur kami. Dari sisi kuantitas, kami menginginkan mitra lebih banyak untuk membawa solusi EMC ke pasar. Makin banyak mitra akan lebih baik bagi kami. Target khusus kami adalah recruitment channels. Dari 2 mitra distributor yang sudah kami miliki, kami berharap bisa merekrut resellers atau channel di bawah mereka. Dengan ini, bukan hanya menambah jumlah resellers, tapi juga memperluas cakupan wilayah pasar. Kami berharap bisa lakukan penetrasi ke segmen-segmen wilayah yang sebelumnya belum kami sentuh.

Selain itu kami juga berharap EMC dapat melengkapi product set yang resellers atau channels miliki sebelumnya. Misalnya mereka yang sudah bawa server, kami bisa lengkapi dengan storage-nya. Atau bagi mereka yang sudah punya full stack, namun masih belum ada backup­-nya, kami bisa lengkapi dengan solusi backup recovery system kami.

Ada rencana untuk menambah mitra distributor lagi dalam waktu dekat?

Tidak. Justru rencana kami adalah memperkuat di tingkat resellers. Jadi, kami memiliki program focus and growth partners, di mana mitra yang dimaksud bukan mitra langsung kami, melainkan mereka yang berada di bawah mitra langsung kami, ECS Indo Jaya dan Virtus Technology Indonesia. Kami akan fokuskan di sana. Jadi kami akan punya focus partners dan growth partners, di mana aktivitas kami yaitu enablement maupun development program, akan kami tujukan pada resellers.

Strategi lainnya?

Salah satu strategi kami lainnya adalah kami selalu menanamkan ke sales force kami bahwa pekerjaan mereka tidak selesai hanya pada tahap menjual. Pekerjaan mereka kami anggap selesai ketika customer datang kembali ke kami dan merespon positif produk kami, serta mereka ingin menjadi reference produk-produk EMC. Jadi, kami akan memastikan bahwa produk atau solusi yang kami jual akan terimplementasi dengan sukses.

Mengenai layanan purnajual?

Anda bisa tanyakan ke para pemain lainnya, kami memiliki dedicated engineers, bukan untuk mengimplementasi dan menginstalasi, namun berdedikasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi customer. Saat ini kami memiliki dedicated engineer team yang terdiri dari 6 orang, di luar konsultan, implementasi, delivery team, project manager, dan lainnya. Tidak banyak vendor yang memiliki dedicated engineer sebanyak kami, walaupun produk kami relatif sangat stabil sebenarnya. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)