Hon Colin Barnet Targetkan 10% Pertumbuhan Turis Indonesia

IMG_4164Jika Anda yang pertama kali berwisata ke Australia, destinasi wisata yang Anda kunjungi pastilah Sydney atau Melbourne. Namun, tahukah Anda wilayah Barat Australia menyimpan atraksi wisata yang memukau. Jika Anda pecinta petualangan maka Anda wajib datang ke Australia barat.

Australia barat adalah negara bagian yang mencakup sepertiga luas benua Australia. Beribukota di Perth, penduduk di Australia barat berjumlah 2,5 juta jiwa yang merupakan 11% dari total penduduk Australia. Dengan luas wilayah 2.529.875 km2, Australia menyuguhkan matahari cerah, lautan bitu, dan pantar berpasir putih yang dapat dinikmati sepanjang tahun. Hon Colin Barnet MLA, Premier of Western Australia, mengatakan pemerintah Australia barat mulai gencar berpromosi ke Indonesia untuk lebih banyak menarik minat wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Australia Barat.

Ada berapa banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Australia barat setiap tahunnya?

Di tahun 2014 silam, sebanyak 27 ribu turis Indonesia mengunjungi Australia barat. Sedangkan turis Australia barat yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 364 ribu. Kebanyakan turis Australia pergi ke Bali untuk berlibur. Selisih kunjungan turis yang cukup jauh ini yang membuat kami penasaran. Mengapa turis Indonesia yang datang ke sini sedikit sekali. Dibandingkan dengan Sydney atau Melbourne yang penerbangannya butuh waktu 7 jam, penerbangan ke Perth hanya butuh waktu 4 jam dari Jakarta.

Tidak dipungkiri jika turis Indonesia yang pertama kali akan pergi ke Australia mereka pasti akan pergi ke Sydney atau Melbourne. Namun, tapi Perth memberikan pengalaman yang berbeda. Kami memiliki taman-taman terbanyak dibandingkan Australia bagian lain. Susana di Australia barat lebih sepi dibandingkan Australia bagian lain seperti Sydney dan Melbourne. Langit biru, udara yang sejuk tidak dingin. Ruang terbuka di Australia barat sangatlah banyak. Anda dapat melihat bentuk galaxy dengan sangat jelas di malam hari. Kami memiliki banyak atraksi wisata yang sangat cocok bagi pecinta petualangan dan kegiatan outdoor.

Apa 10 destinasi wisata terbaik di Australia barat?

Pertama, Perth itu sendiri. Kebanyakan wisatawan datang ke kasino dan untuk berbelanja. Mayoritas toko-toko di sini tutup pukul 5 sore. Kedua King’s park. King’s Park merupakan ikon dari kora Perth. King’s Park merupakan taman yang memiliki luas 400 hektar. Di dalam King’s Park terdapat Western Australian Botanic Garden yang memiliki lebih dari 3.000 spesies flora khas Australia. Ketiga Margaret River. Keempat Fremantale. Kelima Shark Bay. Keenam Ningaloo Reef. Di Shark Bay dan Ningaloo Reef, wisatawan dapat berenang bersama hiu paus yang jinak. Terumbu karang di 2 tempat ini merupakan yang terbesar di dunia. Ketujuh Broome. Kedelapan Purnululu National Park. Jika memiliki dana dan waktu yang lebih, wisatawan datang ke sini. Untuk menuju daerah ini harus melalui jalur udara. Kesembilan Kalgoorlie. Kesepuluh Rottnest Island. Di pulau ini wisatawan mengabiskan waktu dengan berenang, berselancar, menyelam, memancing, dan bersantai. Di pulau ini, turis berkesempatan ntuk menemui quokka, hewan berkantung dengan ukuran kecil yang hanya bisa ditemui di Australia barat. Hewan ini berkeliaran bebas di Rottnest Island dan hewan ini suka sekali diajak selfie.

Selain itu di Australia barat terdapat perkebunan anggur yang menghasilkan wine terbaik di Australia. Saat ini kami akan mengembangkan lagi Elizabaeth Quay di pusat bisnis. Kami akan membangun taman dan tempat-tempat baru.

Bagaimana strategi Anda untuk mempromosikan Australia barat di Indonesia?

Kami akan lebih meningkatakn awareness melalui social media dan juga media cetak serta kampanye yang kua. Kami juga berkolaborasi dengan maskapai penerbangan. Di Indonesia kami memiliki eksklusif partnership dengan Garuda, karena Garuda memiliki direct flight dari Jakarta ke Perth. Kami juga bekerja sama denga Singapore Airlines. Dan kami sedang mencari partnership dengan maskpai penerbangan lagi terutama low-cost airlines seperti Air Asia dan Jetstar. Kami turut bekerja sama dengan travel agent bekerja sama dengan tourism Australia karena mereka sudah memiliki eksklusif partnership dengan beberapa travel agent . Travel agent yang bekerja sama antara lain Panorama, Golden Rama, Dwidaya, Avia. Top 10 travel agent sudah menjadi partner kami untuk mendongkrak wisatawan untuk datang ke Perth. Dan kami tidak menutup kemungkinan untuk bekerja sama dengan bidang lain. Seperti bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk mengadakan event atau konferensi. Kami turut mendorong turis Australia barat untuk mengunjungi daerah-daerah lain di Indonesia seperti Sumatera dan Jawa.

Siapa target wisatawan untuk berkunjung ke Australia barat?

Kebanyakan turis pergi ke Perth karena banyak universitas di Perth. Jadi biasanya mereka kesana untuk wisuda, mengunjungi anak, atau reuni keluarga. Kebanyakan warga Indonesia memiliki rumah dan apartemen di Perth karena anak-anak mereka berkuliah di sana. Kami akan tetap mempertahankan family visit. Untuk target Indonesia ingin mengubah itu. Kami ingin lebih banyak turis muda. Turis muda akan lebih mencari kegiatan outdoor dan petualangan dan kami punya banyak tempat tujuan untuk berpetualang. Dan untuk backpacker, ada banyak penginapan yang murah mulai dari AU $ 40. Karena pantai kami tidak terlalu dingin, banyak juga kamping di pinggir pantai. Kami ingin mendatangkan fit traveler yaitu turis yang benar-benar meluangkan waktu untuk berlibur. Dan kami akan lebih memasrkan daerah-daerah lain selain Perth.

Berapa rata-rata pengeluaran yang dikeluarkan turis Indonesia?

Rata-rata mereka mengeluarkan AU $ 240

Berapa lama rata-rata turis Indonesia tinggal dan apa yang biasnya mereka lakukan?

Rata-rata mereka tinggal selama satu minggu. Biasnya di pagi hari pria akan ber-golf dan perempuannya akan pergi berbelanja. Di petang hari mereka akan berkempul bersama untuk makan malam.

Kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Australia barat?

Waktu yang tepat adalah di bulan Maret-Desember di musim semi dan gugur. Saya tidak menyarankan Januari-Februari karena musim panas. Musim panas di sini sangat panas dan juga kering.

Negara apa yang menjadi peringkat no 1 dalam hal kunjungan ke Australia?

No 1 di dunia Inggris, untuk di Asia no 1 nya Singapura. Indonesia masuk ke 8 besar. Sedangkan untuk pengeluaran, Indonesia masuk 10 besar.

Berapa target turis Indonesia yang akan berkunjung ke Australia barat?

Kami targetkan kenaikannya 10% per tahun. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)