Hotel Syariah Makin Meriah Di Bandung

Hotel dengan embel-embel syariah kini makin menjamur di Kota Bandung. Kehadiran hotel-hotel syariah ini membuat diyakini mampu membuat pelancong di Kota Kembang makin merasa nyaman dan aman.

Salah satu hotel syariah di Bandung adalah Hotel Ruby. Hotel bertema syariah yang terletak di Jalan Pasirkaliki, Bandung, ini memberlakukan pengecekan khusus bagi para tamu yang akan menginap.

"Karena basisnya syariah jadi yang bisa menginap kalo enggak keluarga ya harus muhrim, dengan menunjukkan KTP dari situ kita bisa lihat suami-istri atau bukan, kan bisa lihat alamatnya," ujar manajer hotel, Ruby Iwa Sustiwa, Rabu, 24 Februari 2016.

Tommy Soeharto (tengah) saat grand launching Syariah Hotel Solo miliknya Tommy Soeharto (tengah) saat grand launching Syariah Hotel Solo miliknya

Walaupun bertitel syariah, pengunjung yang menginap tidak hanya kaum muslim tapi dari semua latar belakang agama. Iwa mengatakan kalangan pebisnis dan wisatawan asing juga lebih suka menginap di hotel syariah. Banyak pengunjung yang mengatakan menginap di hotel syariah lebih aman dan nyaman.

"Banyak yang bilang menginap di hotel syariah ini lebih nyaman dan aman, apalagi untuk yang menginap sendiri atau untuk kegiatan bisnis, karena mengurangi kekhawatiran pasangan yang ditinggal di rumah," ujar Iwa.

Fasilitas yang ditawarkan hotel syariah tidak jauh berbeda dengan hotel lainnya. Yang membedakan adalah tersedianya perlengkapan salat dan Al-Quran di setiap kamar. Di setiap selasar ruang dan kamar juga terdapat speaker untuk mengingatkan waktu-waktu salat.

"Karena tidak semua muslim, maka kalau ada pengunjung yang keberatan ada peralatan salat, bisa kita tarik dulu dan mematikan speaker yang ada di dalam kamar agar waktu azan tidak tersiar," ujarnya.

Di Hotel Ruby, Iwa menjelaskan, tersedia 47 kamar hotel dengan empat tipe, yakni suite, royal, deluxe, dan standar dengan harga Rp 600 ribu hingga Rp 1,2 juta. Iwa mengatakan hotelnya menyasar tamu keluarga.

"Tapi banyak yang nginep sendiri juga. Dan kebetulan dekat dengan PON, kita didaulat oleh satu KONI daerah untuk jadi tempat tinggal para atlet yang kan bertanding di GOR Pajajaran, karena kan dekat juga lokasinya" ujar Iwa.

Tempo

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)