HSBC Advance Siap Mengawal Nasabah Sampai Mapan

Hasil Studi HSBC Power of Protection 2016 menyebutkan sebanyak 9 dari 10 orang dari kalangan masyarakat yang tengah membangun kemapanan (emerging affluent), berkeinginan untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik dan mapan.

HSBC- Navigasi #MenujuMapan

Namun demikian, sebanyak 44% masyarakat dari segmen ini menyatakan bahwa kondisi finansialnya masih kurang stabil. Sehingga masih sering menghadapi tantangan dalam menentukan skala prioritas kebutuhan yang tepat, seperti dalam menentukan alokasi dana untuk pemenuhan kebutuhan utama, menabung, atau sekadar memenuhi keinginan.

Sementara itu, kemampuan individu dalam menentukan skala prioritas kebutuhan serta kemampuan dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan berkorelasi erat dengan seberapa tinggi tingkat literasi keuangan mereka. Mengenai hal itu, dalam survei OJK tahuin 2013 menyebutkan bahwa jumlah penduduk Indonesia dengan tingkat literasi keuangan baik, hanya mencapai 21,84%.

“Individu dengan tingkat literasi keuangan baik akan memahami fungsi keuangan terhadap kebutuhan secara mendasar. Dengan begitu akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menentukan prioritas dan memahami langkah-langkah perencanaan strategis untuk membangun kesejahteraannya,” jelas Antonius F Dharsono, CVM Customer Proposition HSBC Indonesia di depan awak media di Hotel Shangri La Jakarta, (14//6).

Antonius memberikan salah satu tips praktis untuk mewujudkan kemapanan, yaitu dengan mengatur dana tabungan secara rutin supaya dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan kepemilikan rumah, pendidikan anak, ataupun membangun bisnis benar-benar bisa terkumpul.

Untuk membantu mewujudkan hal tersebut, HSCB menghadirkan program Home Ownership Pan, Children Education Plan, dan Business Start Up Plan untuk para Nasabah HSBC Advance. Melalui program-program tersebut HSBC juga terus melakukan pendampingan.

“Ini menunjukkan komitmen HSBC yang tinggi dalam turut meningkatkan literasi keuangan masyarakat, khususnya di kalangan Emerging Affluent, sekaligus turut memberikan navigasi kepada mereka dalam menuju mapan secara finansial,” lanjut Antonius. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)